Sejak 2014 Partisipasi Warga Pangkalpinang di Pilwako Menurun

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangkalpinang punya pekerjaan rumah besar meningkatkan angka partisipasi pemilih.

Sejak 2014 Partisipasi Warga Pangkalpinang di Pilwako Menurun
Bangkapos/Yudha Palistian
Kepala Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Pangkalpinang, Wahyu Gusna, saat ditemui di sela-sela kegiatan sosialisasi Pilwako 2018 di kantor KPU Pangkalpinang, Sabtu, (10/2/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Pangkalpinang, Wahyu Gusna mengungkapkan, tingkat partisipasi pemilih pada Pilwako Kota Pangkalpinang menurun. Oleh karena itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangkalpinang punya pekerjaan rumah besar meningkatkan angka partisipasi pemilih.

Apalagi pada Pilwako serentak 2018, KPU Pangkalpinang menargetkan tingkat partisipasi pemilih naik menjadi 77,5 persen.

"Tahun 2014 lalu tingkat partisipasi pemilih ada kisaran 25 persen, hal itu sangat rendah. Ini tantangan bagi kami untuk meningkatkan partisipasi pemilih," kata Wahyu Gusna, saat ditemui di sela-sela kegiatan sosialisasi Pilwako 2018 di kantor KPU Pangkalpinang, Sabtu, (10/2).

Sosialisasi pilwako akan digelar mendatang sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Masyarakat diberi pemahaman tentang pemilihan daerah serentak yang akan digelar  tahun ini. Juga memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk memberikan hak pilihnya secara baik dan menghindari hal-hal negatif.

Dikatakan Wahyu, upaya untuk menaikkan partisipan adalah melalui metode kegiatan yang turun langsung ke tiap-tiap keluarga. Sejak awal perlu dibangun pemahaman agar pemilih pemula dapat melaksanakan hak pilihnya secara baik.

"Contohnya KPU Pangkalpinang melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit)  ketiap keluarga serta melakukan sosialisasi secara langsung,” ujarnya. (q4) 

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved