Kebakaran Lahan, Rumah Warga di Beltim Hampir Dilalap Api

Kebakaran lahan terjadi di kawasan semak belukar Kulong Keroh, Desa Padang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur (Beltim)

Kebakaran Lahan, Rumah Warga di Beltim Hampir Dilalap Api
Bangka Pos / Dedy Qurniawan
ā€ˇPetugas Damkar dari BPBD Beltim berupaya memadamkan api yang membakar lahan di kawasan Kulong Keroh, Desa Padang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur, Rabu (14/2/2018). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG TIMUR- Kebakaran lahan terjadi di kawasan semak belukar Kulong Keroh, Desa Padang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur (Beltim) Rabu (14/2/2018) sekitar pukul 15.00 WIB.

Pada kebakaran tersebut, api hampir saja menjalar kediaman warga sekitar, jika tak cepat-cepat ditangani unit Damkar Pemkab Beltim.

Pantau‎an Pos Belitung, api melahap kawasan semak belukar seluas sekitar dua hektare. Api juga tampak cepat menyebar karena panas terik dan kencangnya angin.

Selain menggunakan unit damkar, Pemadaman juga dilakukan dengan ‎menggunakan dua tabung semprotan guna menjangkah titik yang tak bisa dijangkau selang pemadam.

Api baru berhasil dijinakkan sekitar satu jam setengah kemudian.

Agus, warga sekitar menuturkan, ia tak tahu jelas titik awal‎ pertama api.

"Tadi asap langsung mengepul, di sini juga banyak perumahan warga. Saya langsung hubungi Damkar. Kalau ini tadi tidak cepat, mungkin rumah tetangga saya ini sudah terbakar," ucapnya.

Agus menyarankan, agar pemerintah segera menyikapi potensi kebakaran lahan saat ini.

Apalagi beberapa mingu belakangan, cuaca di Kabupaten Belitung Timur cenderung panas menyengat lebih dari hari-hari biasanya dan disertai angin kencang.

"Cuaca ekstrem begini, panas, angin kencang begini, warga itu diimbau untuk tidak membakar sampah pada waktu-waktu tertentu, atau sembarangan membuang puntung rokok," kata dia.

Agus mengatakan, kawasan Kulong Keroh memang dikenal rawan kebakaran lahan. Di kawasan ini banyak lahan warga yang dibiarkan kosong.

"Di sini banyak semak, banyak tanah kavlingan warga yang tidak berdomisili di sini," ucapnya.

Selain di kawasan Kulong Keroh, kebakaran lahan juga terjadi di dekat jembatan menuju Pantai Mudong, Kecamatan Manggar. Api melahap semak belukar seluas 500 meter persegi sekitar pukul 11.00 WIB tadi. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved