Tak Boleh Dampingi Jokowi Saat Serahkan Piala ke Persija, Begini Tanggapan Anies Baswedan

Dalam sebuah video yang menyebar di media sosial (Medsos), Anies kelihatan ditahan Paspampres ketika hendak mendampingi Jokowi.

Tak Boleh Dampingi Jokowi Saat Serahkan Piala ke Persija, Begini Tanggapan Anies Baswedan
instagram
Presiden Joko Widodo alias Jokowi melakukan swafoto di tengah-tengah pertandingan Persija Jakarta Vs Bali United pada laga final Piala Presiden 2018, Sabtu (17/2/2018). 

BANGKAPOS.COM-- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, tak mendampingi Presiden Jokowi saat penyerahan Piala Presiden ke tim Persija, Sabtu (17/2/2018). 

Dalam sebuah video yang menyebar di media sosial (Medsos), Anies kelihatan ditahan Paspampres ketika hendak mendampingi Jokowi. 

Padahal UU nomor 9 tahun 2010 tentang Keprotokalan (UU 9/2010) sudah mengatur terkait keharusan Anies mendampingi Presiden, semalam.

//

Hal itu tertuang dalam pasal 13 huruf UU 9/2010. 

Anies dicegat Paspampres (Capture video)
Anies dicegat Paspampres

Bunyi pasal itu adalah 'Tata Tempat bagi penyelenggara dan/atau pejabat tuan rumah dalam pelaksanaan Acara Resmi sebagai berikut:

a. dalam hal Acara Resmi dihadiri Presiden dan/atau Wakil Presiden, penyelenggara dan/atau pejabat tuan rumah mendampingi Presiden dan/atau Wakil Presiden.

"Saya bener-bener sedih mas, kok Pak Anies sebagai Gubernur Jakarta tak diberi kesempatan untuk ikut dalam pemberian hadiah. Yang menangkan Persija, tim sepak bola kebanggaan orang Jakarta. Kitapun disini statusnya tuan rumah,"ungkap Dhani Fidaus, salah satu Jakmania kepada wartawan, Minggu (18/2/2018).

Dhani mengaku lebih sedih lagi saat Anies tidak disebut namanya oleh Maruarar Sirait dalam sambutannya, dan tidak diminta turun saat penyerahan piala. (Theo Yonathan Simon Laturiuw)

Tanggapan Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak terlalu memusingkan atas beredarnya video viral terkait seorang pria yang diduga Paspamres melarang dirinya ke podium saat Persija Jakarta memenangkan Piala Presiden 2018

"Dari tadi malam yang penting Persija menang saya bangga. Setelah pertandingan kemudian saya mendatangi teman-teman di bawah. Yang penting Persija menang, rakyat Jakarta senang," singkat Anies di Balai Kota DKI, Minggu (18/2).

Saat ditanya kembali oleh wartawan, apa yang diucapkan Paspamres kepada dirinya sampai-sampai ia batal ke podium, Anies tetap enggan berkomentar banyak.

"Yang penting Persija menang," tuturnya.

Sebelumnya sebuah video berdurasi 14 detik, menampilkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dilarang oleh salah satu Paspamres saat akan menuju Podium.

Anies pun langsung kembali ke tempat duduknya dengan raut wajah yang kecewa.(*)

 
Editor: khamelia
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved