DPRD Bateng Paling Sadar Membayar Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mengapresiasi kesadaran anggota DPRD Bateng dalam membayar zakat

DPRD Bateng Paling Sadar Membayar Zakat
bangkapos.com / evan saputra
Hasyim Sya'roni 

Laporan Wartawan Bangka Pos Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mengapresiasi kesadaran anggota DPRD Bateng dalam membayar zakat.

Pasalnya, seluruh wakil rakyat ini membayar zakat.

Ketua Baznas Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), H Hasyim Sya'roni mengatakan diluar ASN, anggota dewan dinilai aktif membayar zakat.

"Kalau yang diluar PNS paling satu atau dua orang, bumn dan bumd belum ada, kepolisian sebagian, yang aktif ini anggota DPRD kita, semua anggota dewan yang muslim bayar, tapi kalau ada yang non muslim mau juga kita tetap terima masuk ke non zis," ungkapnya, Senin (19/2/2018).

Mengenai dana zakat yang terkumpul, Hasyim mengatakan selain untuk 8 kategori yang berhak menerima zakat atau asnaf, ada program yang dibuat untuk daerah, diantaranya bateng taqwa, Bateng makmur dan bateng sehat.

"Penyaluran zakat dan Infak di bateng ini banyak diantanya untuk membantu pakir miskin, anak yatim piatu, anak sekolah, beasiswa, dari SD sampai SMA yang kurang mampu. Ada yang terima rutin seperti pakir miskin triwulan, ada paket miskin itu setahun sekali, yatim piatu setahun sekali, kalau rumah ibadah tidak termasuk," ujarnya.

Selama tahun 2017, Hasyim menjelaskan dana zakat terpakai Rp 2 miliar yang disalurkan kepada 4,686 orang, dana infaq Rp 474 juta untuk 879 orang. Dana tersebut katanya paling banyak dipakai untuk kesehatan atau biaya berobat.

"Bisa digunakan untuk membantu warga kurang mampu yang butuh biaya untuk berobat, sekolah anaknya, cukup mengajukan proposal, yang diketahui kades atau lurah, dengan syarat kurang mampu dan penduduk bateng dengan bukti ktp, kk, surat kerangan rumah sakit jika sakit, poto rumah dan poto yang sakit, kalau sekolah harus ada keterangan dari sekolah, kita langsung ke sekolah, dan beasiswa dari sd sampai sma," katanya.(*)

Penulis: Evan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved