Mulai 2018 Penyaluran Rastra Adopsi Program Non Tunai

Pada 2018 pemerintah telah menerapkan program bantuan pangan non tunai (PBNT).

Mulai 2018 Penyaluran Rastra Adopsi Program Non Tunai
Dok/ Bapos
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Sosial (DPPPAS),Haziarto. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM BELITUNG - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Sosial (DPPPAS) Kabupetan Belitung Haziarto mengatakan pada 2018 pemerintah telah menerapkan program bantuan pangan non tunai (PBNT).

Menurutnya, PBNT akan diterapkan untuk menyalurkan bantuan pangan yang sebelumnya disebut dengan Beras Sejahtera (Rastra) atau lebih dikenal dengan sebutan Raskin.

"PBNT ini program perdana dari pemerintah dalam menyalurkan bantuan pangan. Rencana awal itu memang Maret, tapi ditunda April nanti," ujar Haziarto kepada posbelitung.co, Selasa (27/2).

Ia menjelaskan sistem penyalurannya pihak perbankan yang ditunjuk pemerintah akan menetapkan agen toko yang disebut brilling. Lalu, Bulog dalam hal ini akan mendistribusikan beras langsung kepada agen brilling tersebut.

Lalu, dalam penentuan agen brilling perbankan berhak menilai toko-toko yang memenuhi persyaratan tertentu untuk menyalurkan bantuan tersebut.

"Itu bank yang menilai, informasinya sekarang ini sudah ditunjuk 22 agen brilling cuman titiknya kami belum tahu dimana saja," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, Kementerian Sosial akan memberikan data penerima kepada bank untuk mencetak kartu. Lalu bank akan berkoordinasi kepada DPPPAS untuk melihat kelayakan penerima tersebut.

Selanjutnya, KPM yang telah menerima kartu tersebut bisa langsung mendatangi agen brilling untuk membelanjakan dua kategori barang yaitu beras dan telur dengan batasan Rp 110 ribu perbulannya.

"Intinya kartu itu mirip ATM, ada bantuan sejumlah Rp 110 ribu. Kalau mereka tidak pakai, artinya akan bertambah terus setiap bulannya," katanya.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved