Dua KRI Pantau KM Michael Putra yang Terbakar di Selat Gelasa

Sampai dengan saat ini Kapal Cargo KM Michael putera tidak lego jangkar dikhawatirkan Kapal tersebut

Dua KRI  Pantau KM Michael Putra yang Terbakar di Selat Gelasa
Ist
Kondisi Kapal KM. Michale Putra yang masih mengeluarkan kepulan asap, foto diambil Sabtu, (3/3/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Posmat Jajaran Lanal Babel Posmat TNI AL Sadai dan Posmat TNI AL Toboali, KRI Kelabang 826 dan KRI Cucut 866 turut ikut melaksanakan pemantauan kondisi kapal terbakar KM Michael Putera, yang berada di Selat Gelasa, perairan Bangka pada Sabtu (3/3/2018).

Perkembangan musibah terbakarnya kapal Kargo KM. Michael Putra di perairan Selat Gelasa memasuki tahap evakuasi kapal, kondisi kapal Kargo KM Michael Putera masih mengeluarkan kepulan asap dari Palka kapal.

Komandan Lanal Babel Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto, SE melalui Perwira Penerangan Lanal Babel Lettu Laut (P) Moh.S Yusuf S.S.T.han mengatakan bahwa kapal cargo KM Michael putera akan segera dievakuasi menuju pelabuhan tujuan  Tanjung Pinang Kepulauan Riau. 

"Sampai dengan saat ini Kapal Cargo KM Michael putera tidak lego jangkar dikhawatirkan Kapal tersebut terbawa arus dimana lokasi kejadian merupakan alur pelayaran Internasional Selat Gelasa,"jelas Perwira Penerangan Lanal Babel kepada wartawan, Sabtu (3/3/2018)

Ia menambahkan, sejak Kamis (1/3/2018) kemarin dua unsur Satroltas Lantamal III KRI Kelabang 826 dan KRI Cucut 866 terus melaksanakan patroli dibawah kendali Koarmabar dengan memberitakan melalui radio UHF Chanel 16 kepada kapal yang melintas agar menjauh dari titik koordinat KM Michael Putera.

"Sebelum tiba di lokasi Palaksa KRI Kelabang 826 dan Kadep Ops KRI Cucut 866 melaksanakan  koordinasi dengan Danposmat TNI AL Sadai guna mengetahui titik koordinat yang pada Rabu malam kemarin memonitor kejadian langsung ke lokasi kebakaran bersama anggota Pospolair Sadai,"lanjutnya.

Dimana diberitakan sebelumnya, pada  Rabu (28 /3/2018) pukul 17.00 Wib KM.Michael Putra GT.1140 yang berada pada posisi 03'16"500 S 106'52"500 E mengalami musibah terbakar di bagian Palka diperairan Gelasa, perairan Bangka.

Api muncul berawal dari keluarnya asap dari dalam Palka yang diketahui oleh juru mudi KM Michael Putera dan selanjutnya dilakukan pengecekan kedalam palka dan diupayakan melakukan tindakan pemadaman.

Namun api cepat membesar tidak dapat dipadamkan dan terdengar ledakan dari dalam palka. 

Lalu pada pukul 21.00 Wib Nahkoda kapal memerintahkan seluruh ABK kapal untuk meninggalan dengan menggunakan Liferaft kapal dan sebagian menceburkan diri ke laut.

Pukul 21.30 Wib Seluruh ABK KM.Michael Putra diselamatkan oleh Kapal Nelayan Lion Saputra asal sukadamai Toboali .

Selanjutnya dilaksanakan  pendataan ABK di Posmat TNI AL Toboali KM.Michael Putra dengan Kru list sebanyak 18 orang terdiri dari 16 ABK dan dua penumpang yang semua selamat dan dalam proses pemeriksaan di Polres Basel.(*)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved