Ketua KPU Bangka Ingatkan Paslon tak Perlu Jor-joran saat Kampanye

Ketua KPU Kabupaten Bangka Zulkarnain, mengingatkan para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka agar tidak jor-joran

Ketua KPU Bangka Ingatkan Paslon tak Perlu Jor-joran saat Kampanye
Bangka Pos/Nurhayati
Rapat dalam kantor untuk menyamakan persepsi antara KPU, LO atau penghubung pasangan calon (paslon) dan panwascam se-Kabupaten Bangka yang difasilitasi Panwaslu Kabupaten Bangka, Senin (5/2/2018) di Sekretariat Panwaslu Kabupaten Bangka 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Zulkarnain, mengingatkan para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka agar tidak jor-joran dalam berkampanye.

Dia menegaskan bahwa kampanye dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) wujudnya adalah pendidikan politik masyarakat secara bertanggungjawab. Dikatakannya bahwa kampanye bukan hanya sekedar menjual tapi bagian pendidikan politik masyarakat.

"Harapannya, masyarakat berpolitik semakin hari semakin dewasa. Kita tidak menginginkan kampanye serba wah, jor-joran karena ketika terpilih bagaimana mengembalikan modal. Itulah tujuannya mengapa dibatasi baleho, umbul-umbul supaya tidak banyak," jelas Zulkarnain saat rapat dalam kantor untuk menyamakan persepsi antara KPU, LO atau penghubung pasangan calon (paslon) dan panwascam se-Kabupaten Bangka yang difasilitasi Panwaslu Kabupaten Bangka, Senin (5/2/2018) di Sekretariat Panwaslu Kabupaten Bangka.

Dia menyarankan, agar paslon dalam berkampanye lebih banyak melakukan rapat terbuka dan rapat umum dialogis karena kampanye harus ada kejujuran supaya hasil pemilukada betul-betul berintegritas.

Zulkarnain mengakui yang menjadi keprihatinan yaitu munculnya isu SARA (Suku Agama Ras Antar Golongan) dan blackcampaign dengan menjatuhkan pasangan lainnya. Ditegaskannya bahwa tindakan tersebut bukan masanya lagi karena yang dikedepankan sekarang adalah berpolitik santun.

"Jadi gunakanlah kampanye sesuai prinsip yang ada. Kami berharap kampanye sesuai aturan. Kampanye harus ada izin jadi uruslah," saran Zulkarnain kepada para LO paslon.

Diakui Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka, Corri Ihsan, di lapangan masih ada misskomunikasi antara panwascam dengan tim kampanye paslon terkait pelaksanaan kampanye.

"Untuk itu kondisi ini harus kita persamakan. Alat Peraga Kampanye (APK) harus dibersihkan tapi muncul lagi padahal tidak sesuai ketentuan PKPU. Kami sudah instruksikan semua APK dibawa dalam RDK. Semua titik difoto dan APK dibersihkan dulu. Setelah ini LO ikuti aturan Bawaslu dan PKPU," tegas Corri.

Menurutnya, panwascam akan membersihkan APK terus-menerus secara periodik. Jika masih bermunculan akan tetap dibersihkan.

Corri menilai sejauh ini tahapan proses Pilkada Bangka sampai hari ini aman-aman saja. Dikatakannya, LO dan tim tidak membuang energi yang banyak untuk memasang APK karena mubazir akan ditertibkan panwaslu.

"Peraturan yang ada mengharuskan kami menegakkan aturan. Ketika menertibkan APK paslon ini, ada tim lain yang komplain. Kami mohon maaf, kami berusaha adil. Pelaksanaan penertiban terus menerus. Jangan khawatir, kami dapat informasi akan ditindaklamjuti," kata Corri.

Penulis: nurhayati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved