Banjir Pulau Bangka

Ini Dia Penyebab Banjir yang Rutin Menggenangi Nibung

Kami sudah melakukan normalisasi, menggunakan anggaran tanggap darurat, namun perkiraan karena aktifitas TI

Ini Dia Penyebab Banjir yang Rutin Menggenangi Nibung
Bangkapos/Riki Pratama
Warga pengendara sepeda motor terlihat menumpang kendaraan roda empat untuk bisa melintasi jalan Desa Nibung- Koba yang banjir pada, Minggu (11/3/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Banjir di Desa Nibung, Kecamatan Koba yang sering terjadi diduga disebabkan karena pendangkalan sungai akibat sedimentasi tailing bekas tambang di sekitar sungai Desa Nibung.

Akibat pendangkalan tersebut air yang banyak datang ketika hujan tidak lagi bisa tertampung oleh sungai disekitar jalan lokasi banjir.

Kabid SDA Dinas PUPR Bangka Tengah Rahmat mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan upaya normalisasi sungai di Desa Nibung agar bisa mengurangi banjir di wilayah tersebut.

Namun menurutnya, banyaknya tailing dilokasi sungai menyebabkan saluran air tidak lancar dan pendangkalan sungai.

"Kami sudah melakukan normalisasi, menggunakan anggaran tanggap darurat, namun perkiraan karena aktifitas TI yang sempat ditertibkan berjalan lagi, sehingga banyak membuang tailing dan menyebabkan pendangkalan sungai,"jelas Rahmat kepada wartawan, Minggu (11/3/2018)

Selain itu, menurutnya faktor curah hujan yang tinggi ditambah aliran air tidak lancar, sehingga membuat air meluber dan menggenangi jalan di Desa Nibung.

"Kalau saat ini, kita sudah membantu evakuasi dengan menurunkan kendaraan dari PU untuk membantu tim Tagana, untuk normalisasi juga kita lakukan, namun tidak semua dari ujung ke ujung karena memerlukan biaya besar, tetapi walau di normalisasi pasir dari tailing tetap datang menyebabkan dangkal, sehingga akhirnya sia sia juga,"ujarnya.(*)

Penulis: Riki Pratama
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved