Banjir Pulau Bangka

Ketua DPRD Babel Sebut Aktivitas Tambang Ilegal Salah Satu Penyebab Banjir

Selain karena kondisi alam, eksploitasi tambang secara ilegal juga menjadi salah satu penyumbang penyebab banjir

Ketua DPRD Babel  Sebut Aktivitas Tambang Ilegal Salah Satu Penyebab Banjir
Putrie Agusti Saleha
Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Selain karena kondisi alam, eksploitasi tambang secara ilegal juga menjadi salah satu penyumbang penyebab banjir yang terjadi di Kabupaten Bangka Barat.

Hal ini, dikatakan Ketua DPRD Provinsi kepulauan Bangka Belitung, Didit Srigusjaya saat ditemui bangkapos.com, Senin (12/3/2018).

"Masalah banjir ini sekarang menjadi hal yang sangat sering terjadi di Provinsi kita. Apabila kita lihat sumber dari masalah banjir ini, mohon maaf sebelumnya adalah eksploitasi kegiatan pertambangan" Ujarnya.

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa dibutuhkannya ketegasan dalam menindaklanjuti permasalahan banjir di wilayah provinsi Bangka Belitung.

Pihaknya mengaku sudah berusaha memberi kontribusi dalam penanganan maslah banjir termasuk memperjuangkan melalui APBD. Hanya saja diakuinya langkah mereka belum maksimal lantaran terkendala APBD yang masih minim bahkan Difisit.

 "Beberapa waktu lalu kita sudah membentuk Perda DAS (Daerah Aliran Sungai) dan perlu kita inventariskan untuk menyelesaikan masalah ini" Tambahnya.

Didit berharap masyarakat untuk mematuhi peraturan yang ada untuk membantu menanggulangi dan mencegah peristiwa yang sama terjadi lagi.

"Kita ajak masyarakat untuk menjaga alam kita bersama-sama. Percuma pemerintah membuat sebuah peraturan tapi minim dukungan dari masyarakat. Bukannya menyalahkan tapi ini bisa jadi bentuk salah satu teguran dari Allah untuk kita yang kurang menjaga alam kita" Imbuhnya.(*)

Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved