Ada Aktivitas Tambang Tanggul Dam Satu Tutut Terancam Jebol

Tanggul atau dam (Pok) sumber air baku di Dusun Tutut Desa Penyamun Kecamatan Pemali Bangka, terancam jebol.

Ada Aktivitas Tambang Tanggul Dam Satu Tutut Terancam Jebol
ist
Satpol PP Kabupaten Bangka meninjau bekas lubang yang digali oleh warga atau penambang liar. Terlihat pok atau tanggul sumber air sedang dilintasi warga dan Pol PP saat pemeriksaan lapangan, Selasa (20/3/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tanggul atau dam (Pok) sumber air baku di Dusun Tutut Desa Penyamun Kecamatan Pemali Bangka, terancam jebol.

Sejumlah orang tak bertanggung-jawab, seringkali mengais tanggul demi mendapatkan pasir timah. Padahal hal yang dilakukan tersebut sangat membahayakan.

Kepala Kantor Satpol PP Bangka, Dalyan Amrie diwakili Kabid Perundang-Undangan Achmad Suherman, Selasa (20/3/2018) mengaku menerima laporan warga dan langsung bertindak.

"Laporan masyarakat bahwa tanggul atau tanah pok sumber air PDAM di Dam 1 digali oleh masyarakat penambang timah," katanya.

Warga atau penambang liar tersebut secara manual mengais atau menggali tanah tanggul atau pok, malam hari.

Terkait laporan ini, Pol PP langsung bertindak agar aktifitas tak merugikan masyarakat umum karena suatu ketika air yang tertampung dalam kolong sumber air bisa saja jebol mengalir ke pemukiman.

"Makanya kita survei, teryata benar, tanggul tersebut sudah digali dan berlobang," katanya.

Suherman menyesalkan ulah warga atau penambang yang dimaksud. Karena tanggul atau dam bukan hanya sebagai penahan air, namun berfungsi sebagai sarana jalan bagi masyarakat dan petani yang akan pergi ke kebun.

"Selain fungsinya sebagai tanggu, pok ini juga menjadi sarana jalan masyarakat ke kebun. Jalan pintas ini sangat penting bagi warga. Makanya kami menyayangkan kalau ditambang atau digalil karena dikawatirkan tanggul bisa
jebol dan mengakibatkan banjir di Lingkungan Kudai, Airanyut dan sekitarnya," kata Suherman berjanji akan bertindak tegas jika nanti menemukan pelaku penggali tanah pok atau tanggul yang dimaksud.(*)

Penulis: ferylaskari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved