Breaking News:

Parenting Bagian Tak Terpisahkan Dari Pendidikan Karakter

Program Parenting orang tua dan sekolah merupakan hal yang penting dalam rangka mewujudkan pendidikan karakter bagi pelajar di Indonesia

Editor: Evan Saputra
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Mendikbud Foto bersama dengan para siswa SMAN 3 Pangkalpinang, Jum'at (23/3/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Program Parenting orang tua dan sekolah merupakan hal yang penting dalam rangka mewujudkan pendidikan karakter bagi pelajar di Indonesia.

Hal ini disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy saat menghadiri program parenting di SMAN 3 Pangkalpinang, Jum'at (23/3/2018)

"Parenting ini penting dalam pendidikan karakter, kegiatan parenting ini juga bisa dicontoh sekolah lain, kalau semua sekolay sudah melakukan ini, anak-anak akan semakin berkarakter," katanya dalam sambutan.

Ia menyampaikan apresiasinya kepada sekolah-sekolah yang telah menerapkan 5 hari sekolah.

"Saya terima kasih Babel sudah mengadopsi program pendidikan karakter diberlakukan 5 hari sekolah. Ketika kita mengubah 6 hari menjadi 5 hari karena sudah pertimbangan anak kalau belajar 6 hari jam istirahat berkurang dan daya serapnya rendah. Makanya kita ubah jadi 5 hari," katanya.

Ia mencontohkan, di beberapa negara maju seperti Jepang, Inggris dan lainnya sudah lama menerapkan sistem sekolah lima hari sekolah ini, hanya di Indonesia yang masih enam hari.

"Harus diingat Sabtu Minggu milik keluarga, diserahkan ke pendidikan keluarga, sekolah hanya mandukung saja, tetapi juga tanggungjawab keluarga," ulasnya.

Ia juga meminta, ketika Sabtu Minggu para orangtua bisa mengajak anak-anak untuk mendapatkan pengetahuan tambahan.

"Lima hari sekolah, Sabtu Minggu para guru juga punya waktu untuk keluarganya, guru juga mau membesarkan anaknya tidak hanya mengajar anak-anak di sekolah," tutupnya.

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved