Kementan Fokuskan Program Korporasi Petani Pada 2019

Kementerian Pertanian Republik Indonesia pada tahun 2019 akan memfokuskan pada program Korporasi Petani.

Kementan Fokuskan Program Korporasi Petani Pada 2019
Putrie Agusti Saleha
forum Perencanaan Pembangunan Pertanian Provinsi Babel Tahun 2019 di Cordella Hotel Rabu (28/03/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

BANGKAPOS.COM, BANGKA-Kementerian Pertanian Republik Indonesia pada tahun 2019 akan memfokuskan pada program Korporasi Petani.

Hal ini disampaikan oleh Zainul Azwi perwakilan dari Biro Perencanaan Kementerian Pertanian RI dalam acara forum Perencanaan Pembangunan Pertanian Provinsi Babel Tahun 2019 di Cordella Hotel Rabu (28/03/2018).

"Selain melanjutkan program-program yang sama seperti pada tahun ssbelumnya, pada tahun 2019 nanti kami akan memfokuskan pada penguatan infrastruktur dan korporasi petani, ini yang akan berbeda pada program tahun 2019 nanti." Sebut Zainul.

Dipaparkan oleh Zainul bahwa pada prinsipnya korporasi petani adalah kelembagaan petani berbadan hukum dalam bentuk koperasi atau badan hukum lainnya.

"Jadi kalau selama ini petani kita berkutat di budi daya tanam saja, maka nanti akan kita coba untuk memberdayakan petani kita untuk masuk ke ranah pengolahan dan pemasaran, karena nilai tambahnya disitu." Tuturnya.

Selanjutnya, ia juga menjelaskan bahwa dengan adanya korporasi petani profit yang akan di dapatkan oleh petani sendiri akan lebih tinggi.

"Namun, untuk dapat masuk ke pengolahan dan pemasaran harus berada dibawah lembaga hukum, yakni koperasi atau badan hukum lain yang sah dibawah undang-undang, agar dapat mengakses pendanaan dibawah pemerintah." imbuhnya.(*)

Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved