Keracunan Jamur, Sukirman Harus Cuci Darah

Humas Rumah Sakit Depati Bahrin atau Rumah Sakit Umum Sungailiat Zulfikar menyebutkan kondisi pasien Sukirman (35) yang menjadi korban keracunan jamur

Bangka Pos / Nurhayati
Kiki istri Sukirman korban keracunan jamur saat mendapatkan perawatan, Senin (2/4/2018) di Rumah Sakit Medika Stania. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Humas Rumah Sakit Depati Bahrin atau Rumah Sakit Umum Sungailiat Zulfikar menyebutkan kondisi pasien yakni Sukirman (35) yang menjadi korban keracunan jamur sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Medika Stania.

Namun karena pihak RS Medika Stania tidak memiliki peralatan ventilator maka pasien di rujuk ke RS Depati Bahrin Sungailiat.

Kondisi pasien yang mengalami keracunan jamur tersebut mengalami gejala muntah-muntah, mual, mencret dan dehidrasi akut sehingga membutuhkan penanganan langsung.

"Sekarang ini kondisinya masih di ruang ICU, sebelumnya masuk Rumah Sakit Medika Stania. Sekarang dirawat di sini di ICU karena membutuhkan alat ventilator. Alat ventilator ini dibutuhkan karena pasiennya ditakutkan gagal napas, makanya untuk alat bantu pernapasan," jelas Zulfikar kepada bangkapos.com, Senin (2/4/2018) di RS Depati Bahrin Sungailiat.

Selain itu pasien korban keracunan jamur tersebut perlu cuci darah untuk membantu kerja ginjalnya. Pasalnya dikhawatirkan kondisinya memburuk.

"Kondisi sekarang ini tingkatnya sudah akut. Dari pihak rumah sakit umum ini masih berusaha semaksimal mungkin menyembuhkan pasiennya. Untuk langkah setelah cuci darah ini perawatannya balik lagi ke ICU," kata Zulfikar.

Ia kurang mengetahui jenis dan kandungan jamur yang dimakan para korban karena tidak tahu hasil penelitian laboratoriumnya. Namun akibat keracunan jamur tersebut korban mengalami dehidrasi akut sehingga butuh penanganan medis yang intensif. "Dehidrasi tinggi cairan banyak keluar," kata Zulfikar.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved