Satpol PP Tertibkan Iklan Reklame Rokok yang Dipasang Dekat Sekolah

Tim Satpol PP Kabupaten Bangka menertibkan spanduk iklan produk rokok di area dekat sekolah

Satpol PP Tertibkan Iklan Reklame Rokok yang Dipasang Dekat Sekolah
ist
Kabid Penegakan Peraturan Perundang-Undangan Satpol PP Kabupaten Bangka Achmad Suherman bersama Petugas Satpol PP Kabupaten Bangka saat menertibkan spanduk iklan rokok, Senin (2/4/2018) di dekat SMPN 1 Sungailiat dan Sekolah YPK Air Kenanga. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Tim Satpol PP Kabupaten Bangka menertibkan spanduk iklan produk rokok di area dekat sekolah.
Lokasi yang ditertibkan di area dekat SMPN 1 Sungailiat dan di SD/SMP YPK Air Kenanga.

Ditegaskan Kasatpol PP Kabupaten Bangka M Dalyan Amrie melalui Kabid Penegakan Peraturan Perundang-Undangan Satpol PP Kabupaten Bangka Achmad Suherman bahwa
tidak diperbolehkan iklan rokok dan minuman beralkohol di pasang di dekat gedung sekolah, walaupun sudah membayar pajak reklame.

"Tadi ada laporan warga bahwa ada spanduk iklan rokok terpasang di depan SMPN 1 Sungailiat. Jadi kita langsung tertibkan dengan petugas BP2RD mengamankan spanduk tersebut. Kemudian kami mendapat laporan di depan YPK. Kita lakukan pengamanan barang bukti di kantor pol pp sebanyak lima spanduk," tegas Suherman saat dikonfirmasi bangkapos.com, Senin (2/4/2018)

Dikatakannya, bahwa sanksi bagi pemasang iklan yang melanggar ketentuan pemerintah tersebut yakni hukuman kurungan tiga bulan atau denda Rp 5 juta.

Oleh karena itu pihaknya akan memanggil pihak perusahaan rokok tersebut. Ia minta agar pihak perusahaan mengerti lokasi pemasangan reklame rokok tidak boleh di fasilitas umum.

"Perusahaan harus tahu jangan dekat sekolah, masjid dan rumah sakit serta fasilitas umum lainnya," ungkap Suherman.

Menurutnya pemasangan reklame jenis apapun tidak boleh di trotoar atau median jalan, sebab hal itu bukan peruntukkannya dan melanggar peraturan.

Untuk itu Suherman berharap perusahaan apapun bisa berkoordinasi dengan instansi terkait tentang lokasi pemasangan reklame, walaupun lokasi itu tempat yang strategis untuk dilihat masyarakat.

"Kami imbau pasang reklame di tempat yang sudah ditentukan baik baleho, umbul-umbul atau sejenisnya, jangan sampai mengganggu atau melanggar peraturan," tegas Suherman.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved