Banyak Dicari, Ini Dia Profesi yang Bakal Jadi Rebutan di Indonesia

Saat ini Indonesia sedang membutuhkan banyak tenaga kerja di bidang sains dan teknik.

Banyak Dicari, Ini Dia Profesi yang Bakal Jadi Rebutan di Indonesia
Intisari
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Coba tebak profesi apa yang paling dibutuhkan pada masa kini dan mendatang?

Dalam artikel Kompas, Rabu (3/2/2016), dijelaskan bahwa saat ini Indonesia sedang membutuhkan banyak tenaga kerja di bidang sains dan teknik akibat fokus pembangunan pemerintah pada infrastruktur.

Namun, sayangnya republik ini kekurangan tenaga ahli pada bidang tersebut. Itu terjadi karena kini banyak mahasiswa kurang meminati program studi sains dan teknologi atau eksakta. Mereka lebih memilih masuk ke program sosial di perguruan tinggi.

Kondisi tersebut dibenarkan oleh Ketua Umum Pengurus Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI) Marzan Aziz Iskandar.

Baca: Kenali Karakter Pembunuh Berantai, Ryan Jombang Romantis tapi Bisa Berubah Jadi Bengis

Menurut dia bila dibandingkan dengan negara lain di kawasan ASEAN dan Asia, jumlah mahasiswa sains dan teknik di Indonesia adalah yang paling sedikit.

"Dari seluruh mahasiwa di Indonesia, hanya 15 persen yang menuntut ilmu di bidang sains dan teknik. Bandingkan dengan Malaysia yang mencapai 24 persen, Korea 33 persen, dan Tiongkok 38 persen," ujar Marzan kepada Kompas, Jumat (3/3/2016).

Rendahnya minat kaum muda terhadap jurusan tersebut juga terlihat dari rilis Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemristek dan Dikti pada Maret 2016.

Data itu menyebutkan, ada lebih dari 5 juta mahasiswa, tetapi hanya sekitar 1,5 juta di antaranya yang mengambil jurusan sains-teknik dan selebihnya mengambil bidang sosial-humaniora.

Nah, bisa jadi salah satu alasan anak muda kurang meminati jurusan sains dan teknik untuk menghindari mata pelajaran hitungan-hitungan, seperti matematika, fisika, kimia dan sejenisnya.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved