Desa Sinar Sari Unggulkan Pertanian dan Perkebunan

Desa Sinar Sari Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat memiliki potensi di sektor pertanian dan perkebunan.

Desa Sinar Sari Unggulkan Pertanian dan Perkebunan
Istimewa
Perangkat Desa Sinar Sari 

BANGKA POS - Desa Sinar Sari Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat merupakan satu diantara desa-desa yang memiliki potensi di sektor pertanian dan perkebunan. Mulai dari beras merah yang menjadi andalan hingga sayur mayur. Misalnya tomat, cabai, bayam dan masih bayak lagi yang lainnya.

Kades Sinar Sari Hoirullah menerangkan, tidak hanya potensi tersebut yang ada di desa namun juga karet, lada dan sawit.

"Potensi utamanya memang pertanian dan perkebunan warga kami, kalau saat ini perkebunan sawit yang dominan, karet juga demikian," paparnya.

Dibidang lainnya, masyarakat Desa Sinar Sari memiliki potensi mengembangkan usaha rumahan. Seperti pembuatan makanan ringan, kerajinan tangan berbentuk tikar hingga peralatan berkebun.

"Potensi ini kedepannya akan terus kami kembangkan, karena saat ini usahanya masih terbatas," terang bapak satu anak ini.

sinarsari
sinarsari (Istimewa)

 Dia melanjutkan, pembangunan dan pemberdayaan di desa saat ini sudah cukup berkembang. Infrastruktur misalnya jalan, sumur bor, PAUD, posyandu hingga TPA.

Dibidang olahraga juga telah berkembang, masyarakat cukup antusias kadang juga ada turnamen, seperti sepakbola, bola voli, bulutangkis dan lain sebagainya.

"Disisi lain juga keagamaan juga tidak kalah penting, karena ini yang paling utama. Desa kami juga ada adat sedekah kampung, dan itu selalu dirayakan setiap setahun sekali," terang Hoirullah.

sinarsari
sinarsari (Istimewa)

Saat ini BUMDes sudah terbentuk, usaha yang dijalankannya menggarap kebun desa, kemudian mengelola aset pedesaan.

"Alhamdulillah masyarakat di desa ini selalu mendukung dalam setiap kegiatan desa, itulah yang diharapkan kedepannya. Begitu juga dengan perangkat desa selalu mendukung program-program yang ada," ucapnya. (advertorial/n7)

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved