Tri Darma Perguruan Tinggi Harus Diselaraskan Era Industri

Kampus perlu mencari metode baru untuk mengembangkan kapasitas kognitif mahasiswa. Kelincahan dan kematangan

Tri Darma Perguruan Tinggi Harus Diselaraskan Era Industri
Istimewa
Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Bidang Kerjasama dan Internasional, Prof DR Achmad Nurmandi M Sc saat memberikan kuliah umum bertema "Menuju Tata Kelola Perguruan Tinggi Modern di Era Industri 4.00" Selasa (17/4/2018) di Graha STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Kampus perlu mencari metode baru untuk mengembangkan kapasitas kognitif mahasiswa.
Kelincahan dan kematangan mahasiswa dengan berbagai latar belakang harus mampu bekerja dalam lingkungan yang berbeda.

Pesan ini disampaikan Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Bidang Kerjasama dan Internasional, Prof DR Achmad Nurmandi M Sc saat menjadi narasumber kuliah umum bertema "Menuju Tata Kelola Perguruan Tinggi Modern di Era Industri 4.00", Selasa (17/4/2018) di Graha STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat.

Dia menilai yang terpenting, paradigma tri darma perguruan tinggi harus diselaraskan dengan era industri 4.00.

"Di era revolusi industri 4.00 ini, tidak hanya cukup literasi lama (membaca, menulis dan matematika) sebagai modal dasar untuk berkiprah di masyarakat. Akan tetapi, diperlukan literasi baru dalam menghadapi era revolusi industri 4.00," jelas Nurmandi kepada para mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12.

Menurutnya yang dibutuhkan dalam literasi baru ini adalah kemampuan untuk membaca, analisis, dan menggunakan informasi (big data) di dunia digital, memahami cara kerja mesin, aplikasi teknologi dan humanities, komunikasi serta desain entrepreneurship.

Diakui Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungailiat Bangka Darol Arkum, perguruan tinggi saat ini dihadapkan pada perubahan besar dalam bidang sosial politik, ekonomi terutama teknologi.

Untuk itu, STISIPOL Pahlawan 12 segera merespon perubahan tersebut agar tetap adaptif dengan berbagai bentuk perubahan tersebut sehingga memiliki daya saing kedepan.

"Mudah-mudahan kuliah umum ini dapat meningkatkan pengetahuan untuk membangun kebersamaan insan akademik mewujudkan visi STISIPOL Pahlawan 12 menyongsong perubahan besar dalam bidang industri," harap doktor jebolan Universitas Gajah Mada ini.

Wakil Ketua I STISIPOL Pahlawan 12 Bidang Akademik Shullby Yozar Ariadhy mengatakan kegiatan kuliah umum ini bisa memberikan pengetahuan kepada dosen, staf, dan mahasiswa terkait kebijakan pendidikan tinggi dalam era revolusi industri 4.00.

Kegiatan Kuliah Umum ini di dukung oleh Senat Mahasiswa (SEMA), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Ilmu Komunikasi (HIMIK), dan Himpunan Ilmu Administrasi Negara (HIMARA) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungailiat Bangka.

Kuliah umum ini dihadiri Wakil Ketua I Shulby Yozar Ariadhy, Wakil Ketua II Rahmat Iskandar, Kabag BAAK Hermianto, Kabag Kemahasiswaan Agung Ferianda dan ratusan mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12.

Penulis: nurhayati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved