Wow 1,2 Juta Lansia di Indonesia Mengalami Kepikunan

Penderita penyakit dimensia atau kepikunan di Indonesia mencapai 1,2 juta orang.

Wow 1,2 Juta Lansia di Indonesia Mengalami Kepikunan
Bangka Pos / Krisyanidayati
Kasubdit masalah kesehatan jiwa dewasa dan lanjut usia, Ditjen P2P Kementerian Kesehatan, Edwar idul riyadi. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Penderita penyakit dimensia atau kepikunan di Indonesia mencapai 1,2 juta orang.

Oleh karena itu pemerintah melalui kementerian kesehatan mulai melakukan berbagai pencegahan penyakit yang menyerang penduduk lanjut usia diatas 60 tahun.

"Menurut data sekitar 1,2 juta penduduk Indonesia mengalami dimensia. Ada juga yang dibawah 60 tahun dimensia pembuluh darah otak mudah mengalami gangguan memori, dan kemunduran dalam tindakan, kemampuan berbahasa dan berhitung," kata kata Kasubdit masalah kesehatan jiwa dewasa dan lanjut usia, Ditjen P2P Kementerian Kesehatan, Edwar idul riyadi, di Hotel Puncak, Pangkalpinang, Senin (23/4/2018).

Menurutnya, hingga saat ini belum ada obat yang dapat mengatasi penyakit dimensia ini. Sehingga pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat sangat perlu dilakukan.

"Penanganan perlu kita cegah, penyakit dimensia alzheimer belum ada obat untuk menyembuhkan, ini yang harus dicegah jangan sampai terjadi pada lansia," sebutnya.

Menurutnya, tidak semua orang lansia yang mengalami gangguan dimensia. Ia mengatakan agar para lansia saat masih muda untuk tidak mengabaikan apabila sudah sering merasa lupa.

"Tidak semua lansia dimensia, kalau orang suka lupa sesuatu yang baru saka terjadi, itu tanda dan ini jangan dianggap wajar," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved