Mendag Minta Pemprov Babel Konsisten Jaga Produksi dan Mutu Lada

Kita akan bukakan pasar ekspor, pemerintah provinsi membentuk dan mendorong koperasi, selain itu juga

Mendag Minta Pemprov Babel Konsisten Jaga Produksi dan Mutu Lada
Bangka Pos/Krisyanidayati
Mendag RI Enggar menyaksikan penandatanganan ekspor koperasi lada Babel dengan buyer dari Thailand, dalam acara Hari Konsumen Nasional, di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Selasa (24/4/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Kementerian Perdagangan akan membantu pemerintah provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk membuka pasar ekspor lada Babel, yang dikenal dengan memilki kualitas terbaik.

"Kita akan bukakan pasar ekspor, pemerintah provinsi membentuk dan mendorong koperasi, selain itu juga mendatangkan importir dari berbagai negara," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat menghadiri Hari Konsumen Nasional di Pangkalpinang, Bangka Belitung, Selasa (24/4/2018).

Ia juga mengingatkan agar pemerintah provinsi untuk konsisten menjaga produksi dan meningkatkan mutu dan kualitas lada Babel.

"Ketika kita membuka akses pasar ke berbagai negara yang akan kita dorong itu lada, tapi catatan dan PR kita juga itu kelangsungan produksi kita dan kualitasnya," sebutnya.

Enggar menyebutkan pihaknya juga akan mengumpulkan Eksportir lada untuk bisa bekerjasama dengan petani melalui koperasi lada yang sudah dibentuk pemerintah provinsi.

"Kami dari kementerian perdagangan akan kembali memberdayakan mengumpulkan eksportir supaya menjaga kualitas, mereka akan bekerjasama dengan petani dan koperasi," ujarnya.

Enggar membeberkan lada Babel yang memiliki kualitas tinggi kerap dicampur dengan lada asal daerah lain.

Untuk mengantisipasi hal ini, maka pihaknya akan mencoba mendatangkan buyer secara langsung.

"3000 ton yang dieskpor perdana ke negera tujuan, kadang kala kualitas kita yang bagus itu di mix, sekarang buyer langsung datang dan ketemu melihat kualitas yang baik dengan harga yang buat mereka relatif murah, kita akan persiapkan berbagai hal," jelasnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved