Babel Tuan Rumah Peringatan Harkonas Ke-6, Mendag Minta Masyarakat Jadi Konsumen Cerdas

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tuan rumah peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) ke-6.

Babel Tuan Rumah Peringatan Harkonas Ke-6, Mendag Minta Masyarakat Jadi Konsumen Cerdas
Istimewa
Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita dan Gubernur Babel Erzaldi Rosman pada puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) ke-6 di Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang, Selasa (24/4/2018). 

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tuan rumah peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) ke-6 yang dipusatkan di Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang sejak tanggal 22-24 April 2018.

Dipilihnya Babel sebagai pusat peringatan Harkonas 2018 dikarenakan Babel merupakan satu diantara provinsi peduli perlindungan konsumen tahun 2016 lalu.

Acara puncak Harkonas dilaksanakan di Alun-alun Taman Merdeka, Selasa (24/4).

Hadir pada acara puncak Harkonas antara lain, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, pejabat Eselon 1 Kementerian Perdagangan, Staf Ahli Kementerian ESDM, perwakilan Bappenas, para gubernur penerima Penghargaan Pemerintah Peduli Perlindungan Konsumen, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan, Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional, para Tokoh Perlindungan Konsumen, kepala dinas yang menangani perdagangan.

Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita mengapresiasi Pemerintah Babel yang bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan yang telah menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan mengedukasi konsumen menjadi konsumen cerdas.

"Setiap tahun kita menyelenggarakan Harkornas dan tahun ini di Bangka Belitung, Kementerian bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dan Bangka Belitung menyiapkan ini dengan sangat baik," kata Enggartiasto saat acara puncak Harkornas di Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang, Selasa (24/4).

Enggartiasto juga mengapresiasi pemerintah Provinsi Babel, yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada konsumen untuk mewujudkan konsumen yang cerdas, dan juga upaya Pemprov Babel untuk mendorong produksi dalam negeri dalam berbagai bidang.

"Terimakasih atas penyelenggaraan yang luar biasa. Kita tak menduga, semuanya dipersiapkan dengan sangat baik dan menampilkan kepedulian Pemerinta Provinsi Babel untuk peningkatan produksi dalam negeri," ucapnya.

Enggartiasto menyebutkan, Kemendag akan membantu Babel membuka pasar lada dunia. Pihaknya juga akan mendukung ekspor lada Babel dengan membentuk asosiasi ekspor lada.

"Selama ini asosiasi antara ada dan tiada, ada ketika untuk keuntungan sendiri tapi tiada dalam beberapa kegiatannya. Makanya kalau enggak juga kita bentuk sendiri, dalam upaya mendorong ekspor lada, melindungi petani tetapi dengan seleksi kualitas yang dijaga," ujarnya.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved