Harga Sagu Melambung, Herizon Bantah Ada Permainan

Mulai sekarang sudah berlangsung ada, tadinya sekitar dua minggu lalu hilang sekarang sudah berangsur ada

Harga Sagu Melambung, Herizon Bantah Ada Permainan
Bangkapos/Nurhayati
Pasokan sagu atau tepung tapioka di gudang milik Atang di Pasar Kite Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kasi Pengadaan dan Penyaluran Bidang Perdagangan Dinas Tenaga Kerja  Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka Herizon mengakui, pasokan tepung sagu atau tapioka memang sekarang agak langka di pasaran karena pasokan dari daerah Lampung kosong.

Pasalnya bahan baku singkong di daerah Lampung susah didapat sehingga berimbas pada  pasokan sagu atau tapioka ke Bangka.

Namun saat ini pasokan sagu atau tepung tapioka mulai ada kembali di pasaran kendati harganya melambung.

"Mulai sekarang sudah berlangsung ada, tadinya sekitar dua minggu lalu hilang sekarang sudah berangsur ada kemarin, cuma harga ecerannya perkilonya Rp 12.000 sebelumnya Rp 10.000," ungkap Herizon saat dikonfirmasi bangkapos.com, Rabu (25/4/2018) di Pasar Kite Sungailiat.

Diakuinya memang sagu atau tepung tapioka ada yang berasal dari pasokan di Bangka dan Lampung.

Namun sekarang untuk pabrik tapioka dari PT Bangka Asindo Agri (BAA) belum produksi lagi. 

Sedangkan pabrik tapioka milik PT Sinar Baturusa Prima (SBP) di Puding Besar dia belum mengetahui pasti apakah produksi tepung tapioka mereka juga dipasarkan di Bangka atau tidak.

Justru pihak pedagang mendapatkan pasokan tepung tapioka maupun sagu dari Pangkalpinang yang membeli pasokan langsung dari Lampung.

"Mereka ngambilnya dari agen Pangkalpinang saya tanya tadi produksinya dari Lampung semua itu. Tiga macam sagu tadi sagu Gunung, Pandan dan Lebah. Saya tanya tanya harganya merek sagu Gunung Rp 275.000, Lebah Rp 275.000 dan Pandan Rp 250.000 per karung dengan isi 50 kilogram kalau ecerannya sekitar Rp 12.000," jelas Herizon.

Dia membantah adanya permainan dalam distribusi tepung tapioka maupun sagu ini yang sempat langka dipasaran.

"Di Atang (pedagang sembako di Pasar Kite Sungailiat--red) itu sekarang sudah ada sagu tetapi harganya agak naik," kata Herizon.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved