Jemaah Haji Indonesia Bakal Dapat Layanan Ini Selama di Arab Saudi

Jarak pemondokan jemaah di Makkah maksimal 4500 meter dari Masjidil Haram dan di Madinah maksimal 1500 meter dari Masjid Nabawi.

Jemaah Haji Indonesia Bakal Dapat Layanan Ini Selama di Arab Saudi
istimewa
Para jamaah haji asal Babel sebelum melaksanakan ibadah wukuf di Padang Arafah singgah di Musdalifah, Arab Saudi sebelum ke Mina baru-baru ini. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) telah mengeluarkan keputusan yang mengatur standar pelayanan minimal (SPM) yang akan diterima jemaah haji Indonesia selama di Arab Saudi.

SPM itu mencakup layanan akomodasi, konsumsi, dan transportasi darat.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis mengatakan, Keputusan Dirjen PHU tentang SPM ini dibuat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan.

“Keputusan ini menjadi acuan bagi tim Ditjen PHU dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji Indonesia selama di Arab Saudi,” kata Sri Ilham seperti dikutip dari laman Kementerian Agama, Rabu (25/04/2018).

Baca: Hai Guys! Hati-hati 10 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Kamu Sulit Punya Anak

Menurut Sri Ilham, SPM ini mencakup tiga hal, yaitu akomodasi, konsumsi, dan transportasi darat.

SPM akomodasi mengatur mulai dari persyaratan wilayah akomodasi, misalnya jarak di Makkah maksimal 4500 meter dari Masjidil Haram dan di Madinah maksimal 1500 meter dari Masjid Nabawi.

“Untuk kualitas akomodasi, bangunan harus baik dan layak, lift memadai, serta tersedia tempat makan. Khusus di Makkah, harus ada mushalla,” ujar Sri Ilham.

Penyedia akomodasi, lanjut Sri Ilham, juga harus menyediakan sejumlah layanan, antara lain: petugas pembawa koper jemaah (tahmil dan tanzil) sampai lantai kamar, air minum 1 liter per hari per jemaah, mesin cuci, serta petugas kebersihan dan keamanan.

“Khusus di Madinah, disiapkan juga layanan ziarah,” tuturnya.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved