Breaking News:

Alat Kontrasepsi MKJP Terbaik Untuk Pria dan Wanita Loh

Tiga non MKJP ini tingkat drop off nya tinggi . Ketika pil diberikan kepada seorang ibu, yang kemudian ada kelupaan makan pil dalam

Bangkapos/agus nuryadhyn
Kepala Perwakilan BKKBN Bangka Belitung Hj Etna Estalitas saat menyampaikan sambutan pada Pencanangan Hari Bhakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) KB Kesehatan dan Bulan Aksi PKB/PLKB serta Pencanangan Kampung KB Kota Pangkalpinang 

Laporan Wartawan Bangkapos, Agus Nuryadhyn

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kontrasepsi yang terbaik untuk laki-laki menggunakan metoda operasi pria (MOP) dan untuk perempuan menggunakan implant, metoda operasi wanita (MOW).

Karena ketika orang menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) dapat menurunkan angka kelahiran total (Total Fertility Rate) dibandingkan dengan yang menggunakan alat kontrasepsi non MKJP seperti suntik, kondom dan pil.

"Tiga non MKJP ini tingkat drop off nya tinggi . Ketika pil diberikan kepada seorang ibu, yang kemudian ada kelupaan makan pil dalam satu hari maka bisa jadi," Ungkap Hj Etna Estalita Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Babel, Kamis (26/4/2018).

Hj Etna berharap kepada pengurus IBI untuk bisa meningkatkan metoda kontrasepsi jangka panjang kepada masyarakat di Kota Pangkalpinang.

Namun kata Hj Etna yang masih menjadi kendala, untuk peserta KB pria ini rendah dan baru ada 3 persen se Indonesia.

"Saya berharap melalui kegiatan TNI KB Kesehatan yang dilakukan TNI untuk melaksanakan program KB dengan IBI," ujarnya.

Sehingga menurut Hj Etna agar kontrasepsi MOP untuk bisa ditingkatkan.
Dikemukakan Hj Etna bahwa program KB ini tidak hanya untuk wanita saja, melainkan dapat diikuti oleh kaum pria.

Bahkan selama ini, ujar Hj Etna bahwa mindset orang bila bicara KB itu hanya berfikir tentang wanita.

Lebihlanjut Hj Etna mengemukakan bahwa kontrasepsi untuk pria ada vasektomi 1 dan kondom.

"Dua kontrasepsi ini bisa dipilih dipergunakan sebagai alat kontrasepsi pria. Hal ini karena ada alat kontrasepsi yang tidak cocok dengan wanita," jelasnya.

Dikatakan Hj Etna, maka perlunya pria untuk ikut program KB. bahkan saat ini untuk operasi vasektomi hanya 7 -15 menit, dan setelah itu sudah bisa untuk beraktifitas kembali. (*)

Penulis: Agus Nuryadhyn
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved