Amien Rais Tegaskan PAN Gabung PKS Usung Prabowo di Pilpres 2019, Petinggi PDIP Bilang Begini

Amien Rais menegaskan bahwa PAN bakal mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

Amien Rais Tegaskan PAN Gabung PKS Usung Prabowo di Pilpres 2019, Petinggi PDIP Bilang Begini
KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menggelar jumpa pers terkait uang Rp 600 juta yang disebut jaksa KPK berasal dari aliran dana kasus korupsi pengadaan alat kesehatan dengan terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari di kediamannya di Taman Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2017). Dalam keterangan persnya, Amien menyebutkan bahwa kejadian pada Januari hingga Agustus 2007 lalu dia mengaku menerima bantuan dana operasional dari Soetrisno Bachir, mantan Ketua Umum DPP PAN. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto enggan menanggapi pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais soal sikap PAN dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019.

Sebelumnya, Amien menegaskan bahwa PAN bakal mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

Menurut Hasto, dalam struktur kepengurusan PAN saat ini masih tercatat Zulkifli Hasan sebagai ketua umum dan Eddy Soeparno sebagai sekjen.

Baca: Soal Status Habib Rizieq, Ini Penjelasan Kepala Staf Presiden

Oleh sebab itu, keputusan organisasi sebuah partai politik secara resmi hanya berasal dari ketua umum dan sekjen.

"Ya kalau kami melihat PAN, ketumnya adalah Bapak Zulkifli Hasan, sekjennya adalah Pak Eddy. Dalam rangka organisasi yang kami lihat dari PAN kan keputusan organisasi. Jadi, dari Pak Zulkifli, juga dari Sekjen," ujar Hasto saat ditemui di kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/4/2018).

Baca: Akui Dekati PKS, Jokowi Masih Buka Peluang Jika Prabowo Ingin Bergabung di Pilpres 2019

Hasto menjelaskan, keputusan untuk mendukung salah satu pasangan calon dalam Pilpres 2019 oleh setiap partai harus melalui mekanisne internal partai.

Sebuah partai, kata Hasto, memiliki kedaulatan penuh dalam memutuskan hal tersebut dan tak bisa dicampuri oleh partai lain.

"Tentu saja melalui mekanisme organisasi internal di PAN yang mana PDI-P enggak akan campur tangan karena setiap partai kan punya kedaulatan," kata Hasto.

Amien Rais sebelumnya meyakini PAN bakal bergabung bersama Partai Gerindra dan PKS untuk mengusung Prabowo.

Baca: Ini Alasan Jokowi Bagi-bagi Sertifikat Tanah Bergambar Dirinya

Saat ditanya sikap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang masih membuka opsi untuk merapat ke kubu Presiden Joko Widodo, Amien menjawab bahwa dirinya lebih tahu soal partai daripada Zukifli.

Amien mengatakan, seluruh kader PAN di daerah tak berkenan untuk mengusung Jokowi pada Pemilu Presiden atau Pilpres 2019.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Amien Rais Bilang PAN Dukung Prabowo, PDI-P Anggap Bukan Sikap Resmi ", https://nasional.kompas.com/read/2018/04/26/22350891/amien-rais-bilang-pan-dukung-prabowo-pdi-p-anggap-bukan-sikap-resmi.
Penulis : Kristian Erdianto

PAN hingga kini belum memutuskan ke kubu mana mereka akan berkoalisi di Pilpres 2019. (Kompas TV)
 
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved