Harga Singkong Kasesa Naik, Pemkab Bangka Tawarkan KKSR

Begitu pabrik ujicoba sudah menerima ubi masyarakat, singkong masyarakat dengan harga Rp 1.250 kemarin

Harga Singkong Kasesa Naik, Pemkab Bangka Tawarkan KKSR
Bangka Pos / Nurhayati
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman mengatakan harga singkong kasesa saat ini cukup tinggi.

Dimana PT Sinar Baturusa Prima (SBP) di Kecamatan Puding Besar seminggu yang lalu membeli seharga Rp 1.300 hingga Rp 1.400 perkilogram belum dipotong rendeman.

Menurutnya harga pasaran singkong kasesa saat ini sudah menunjukan harga yang cukup baik diatas Rp 1.000 perkilogram. 

"Begitu pabrik ujicoba sudah menerima ubi masyarakat, singkong masyarakat dengan harga Rp 1.250 kemarin sekarang sudah Rp 1.400 tapi kalau hari ini saya nggak tahu karena harga ini fluktuatif tidak konstan," kata Kemas kepada bangkapos.com, Rabu (2/5/2018) di Sungailiat.

Namun pihaknya sudah memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa harga terendah yang sudah dimufakatkan dengan pihak pabrik di PT SBP sekitar Rp 850 hingga Rp 900 perkilogram. 

"Kalau dibawah harga itu mereka tetap mengambil harga terendah jangan salah persepsi," ungkap Kemas.

Disinggung apakah di Kabupaten Bangka tidak krisis bahan baku singkong dengan adanya tiga pabrik tapioka besar, pihaknya dari dinas pertanian mengupayakan produksi bisa mencukupi kebutuhan pabrik. 

Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Bangka untuk lokal tanaman singkong di Kabupaten Bangka eksistensi lebih dari 1.000 hektar.

Belum lagi singkong dari Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan  hingga Belitung.

"Malahan Sumsel sudah masok ke kita, pabrik ngambil dari Sumsel juga," ungkap Kemas.

Diakuinya minat para petani menamam singkong di Kabupaten Bangka cukup tinggi. Apalagi bagi petani yang ingin berkebun singkong bisa manfaatkan Kredit Kebun Singkong Rakyat (KKSR) yang bisa bermitra dengan pihak perbankan dan pabrik. 

Pihaknya sudah menyiapkan program KKSR yang bermitra dengan perbankan baik dengan Bank Sumsel Babel maupun BRI dan KKSR mandiri bermitra dengan pihak pabrik tapioka.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved