Ingat Arya Permana Bocah Obesitas, Kini Beratnya Turun 83 Kilogram, Begini Wujudnya Sekarang

Arya Permana, yang dinobatkan sebagai anak paling gemuk di dunia asal Karawang, Jawa Barat, berhasil menurunkan berat badannya hingga 83 kilogram

BANGKAPOS.COM — Arya Permana, yang dinobatkan sebagai anak paling gemuk di dunia asal Karawang, Jawa Barat, berhasil menurunkan berat badannya hingga 83 kilogram. Kisah Arya menekankan catatan pentingnya mencegah kegemukan pada anak.

Sosok Arya Permana, anak laki-laki asal Desa Cipurwasari, Karawang, saat ini amat jauh berbeda dibandingkan kondisinya satu tahun yang lalu.

Ketika itu, Arya tidak bisa banyak bergerak dan hanya bisa berbaring di lantai rumahnya lantaran memiliki bobot tubuh hingga 192 kilogram.

Media dari dalam dan luar negeri bahkan menyebut Arya sebagai anak paling gemuk sedunia.

Namun, kini berat Arya Permana sudah berkurang 83 kilogram menjadi tinggal 109 kilogram saja.

Penurunan ini sukses dilakukan Arya hanya dalam waktu 1 tahun. Arya mengaku senang bisa bebas beraktivitas.

Semua aktivitas tersebut merupakan hal yang tidak mungkin dilakukan Arya saat bobot tubuhnya masih 192 kilogram. Ketika itu, bahkan untuk melakukan lebih dari 10 langkah saja ia sudah tidak mampu.

Arya mengatakan, penurunan drastis berat badannya ini terjadi sejak dia menjalani operasi Bariatrik pada April lalu.

“Berat saya turun drastis sejak operasi Bariatrik di RS Omni Alam Sutera, Tangerang. Lambung saya ‘dikecilin’ sejak itu nafsu makan saya berkurang dan saya makan enam sendok saja sudah kenyang,” Imbuh Arya, yang kini duduk di kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cipurwasari, Karawang.

Hingga kini, Arya mengaku masih dalam pemantauan tim dokter yang mengharuskannya menjalani diet ketat dengan menghindari minuman manis dan mengonsumsi makanan sehat. Arya bertekad untuk menurunkan berat badannya hingga di bawah 60 kg.

Halaman
123
Editor: teddymalaka
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved