Upaya Pengendalian Khusus Pajale Bahas Periode Tanam Kedua

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbang) Kementerian Pertanian adakan rapat Koordinasi upaya pengendalian khusus Pajale

Upaya Pengendalian Khusus Pajale Bahas Periode Tanam Kedua
bangka pos/ira kurniati
Rapat koordinasi upaya pengendalian khusus (upsus) PJK (Padi jagung kedelai) di hotel Soll Marina Pangkalanbaru, Kamis (3/5/2018). 

Laporan wartawan Bangkapos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbang) Kementerian Pertanian adakan rapat Koordinasi upaya pengendalian khusus Pajale (Padi,Jagung dan Kedelai) diadakan Kamis, (3/5/2018) di Hotel Soll Marina Pangkalanbaru, Bangka tengah.

Kegiatan ini untuk membahas luas tambah tanam diperiode tanam kedua, yakni bulan April hingga September 2018.

Fokus penanaman pada periode kedua yakni tanam padi, jagung dan kedelai sebagai program pembangunan nasional yang dicanangkan untuk menambah luas tanam sejak tahun 2015 lalu.

Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Balitbangtan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Haris Syahbudin mengatakan adanya peningkatan perluasan tanam di wilayah Bangka Belitung pada tahun 2018. Yaitu seluas 24 ribu hektar.

"Tahun ini targetnya 24 ribu hektar. Sudah tercapai sekitar 21 ribu target ditahun 2017 lalu. Tahun ini ditingkatkan dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2016 itu sekitar 19 ribu hektar," jelas Haris kepada Bangkapos.com.

Lebih lanjut, upaya pengendalian khusus pajale ini bertujuan agar menambah luas tanam, meningkatkan indeks pertanaman, dan produktivitas.

Selain untuk meningkatkan produksi pangan, melalui upsus agar dapat saling kerjasama antar lintas sektor. Kegiatan ini pun dihadiri oleh unsur TNI, Dinas pertanian provinsi Bangka belitung, penyuluh, maupun ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved