Kelistrikan Babel Hari Ini Maju Signifikan Dibanding Satu Dekade Lalu

Kondisi kelistrikan di Babel hari ini maju signifikan jika dibandingkan satu atau dua dekade yang lalu

Kelistrikan Babel Hari Ini Maju Signifikan Dibanding Satu Dekade Lalu
Bangka Pos / Dedy Qurniawan
Diskusi, Sekda Babel Yan Megawandi (baju putih) saat menjadi narasumber Multistakeholder Forum yang digelar di ballroom Hotel Santika, Bangka Tengah, Rabu (9/5/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi yang hadir pada acara Multistakehokder Forum PLN Babel di ballroom Hotel Santika, Rabu (9/5/2018) kemarin siang mengatakan, kondisi kelistrikan di Babel hari ini maju signifikan jika dibandingkan satu atau dua dekade yang lalu. Total daya mampu sekitar 250 MW saat ini menjadi tantangan bagi PLN.

Saat ini, kata dia, Babel termasuk satu dari sedikit provinsi yang rasio elektrifikasinya di atas 100 persen. "Secara nasional, (rasio elektrifikasi) Babel berada pada posisi yang cukup bagus," katanya.

Menurutnya, kondisi kelistrikan saat ini ditambah sejumlah rencana kelistrikan PLN di Babel beberapa tahun mendatang dapat menjadi tawaran menarik bagi investasi di Babel. Apalagi, kata dia, Babel didukung kondisi stabilitas politik sosial budaya dengan indeks gini terendah di indonesia yakni hanya 0,30.

"Artinya kesenjangan ekonomi antara yang kaya dan miskin itu tidak terjadi di Babel," katanya.

Pemprov mengapresiasi forum tersebut sebagai upaya menevalusasi apa yang telah dilakukan PLN di Babel. Termasuk mencermati problem apa yang bisa diselesaikan bersama dan menciptakan sinergisitas yang semakin bagus ke depan.

Yan mengatakan, pihaknya juga akan membantu PLN dalam menyelesaikan persoalan persoalan yang dihadapi dalam menjalankan bisnis mereka.

Kata Yan, saat ini, Babel tengah berupaya beralih dari sektor unggulan yakni pertambangan ke sektor-sektor yang lebih suistainable.
"Dan itu memerlukan energi saya kira," ucapnya. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved