'Urus Sendiri', Armada Bedakan Mana Calo dan Ketua RT

Stok keping kartu e-KTP yang tersedia hingga tanggal 30 April 2018 di Dukcapil Kota Pangkalpinang tercatat ada 8.500 keping.

'Urus Sendiri', Armada Bedakan Mana Calo dan Ketua RT
Bangka Pos/Edwardi
Pelayanan dokumen kependudukan di Kantor Dukcapil Kota Pangkalpinang 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Stok keping kartu e-KTP yang tersedia hingga tanggal 30 April 2018 di Dukcapil Kota Pangkalpinang tercatat ada 8.500 keping.

Data jumlah stok kartu e-KTP tertera jelas di meja depan petugas informasi pelayanan Kantor Dukcapil Kota Pangkalpinang.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang, Armada mengatakan strategi pelayanan yang diterapkannya dalam melayani pengurusan dokumen kependudukan ada tiga, yakni mempercepat yang lambat, mempermudah yang sulit dan memberikan solusi bila ada masalah.

"Untuk mencapai tiga strategi itu maka setiap tahun harus ada inovasi untuk mencapainya seperti program Semedi atau Sejam Mesti Jadi," kata Armada yang ditemui di kantornya, Jumat (11/05/2018).

Diakuinya kalau dulu orang berurusan bisa satu dua hari bahkan berhari-hari, sekarang ini bagaimana orang berurusan harus lebih cepat diselesaikan.

"Ombudsman selalu memantau pelayanan di Kantor Dukcapil ini. Sudah tiga tahun ini indeks kepatuhan standar publik kita mendapatkan nilai 100, terakhir ada penilaian indeks persepsi maladministrasi dimana Dukcapil Kota Pangkalpinang mendapatkan nomor satu Nasional dengan nilai -0,7528, tempat kedua Kota Denpasar Bali dengan nilai -0,5. Sedangkan yang paling buruk maladministrasi Kota Pekanbaru," ungkapnya.

Dilanjutkannya sekarang ini bagaimana agar bisa menjaga jangan sampai hasil yang sudah baik ini menjadi menurun, yang namanya penyimpangan itu pasti tetap ada.

Armada mengimbau masyarakat sebaiknya mengurus sendiri dokumen kependudukannya.

"Kita sudah membuat imbauan di baju-baju kaos "Urus Sendiri Tanpa Melalui Calo", namun imbauan ini pernah diprotes seorang ketua RT yang merasa tersinggung dengan tulisan ini," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: edwardi
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved