Sampai Akhir 2018, Jumlah Penduduk Lansia Diprediksi 24 Juta Jiwa

Pada tahun 2015 terdapat 21,8 juta jiwa lansia dan terus meningkat pada tahun 2016 menjadi 22,6 juta jiwa

Sampai Akhir 2018, Jumlah Penduduk Lansia Diprediksi 24 Juta Jiwa
Bangkapos/Edwardi
Pjs Walikota Pangkalpinang, Dr Asyraf Suryadin membuka Workshop dengan tema Mewujudkan Pangkalpinang Kota Ramah Lanjut Usia dalam rangka Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional diselenggarakan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pangkalpinang di Sun Hotel Pangkalpinang, Rabu (16/05/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Berdasarkan hasil survei penduduk Indonesia oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2010 memiliki jumlah penduduk sebesar 253,60 juta jiwa.

Dari hasil survei ini menunjukkan kecenderungan penambahan jumlah penduduk lansia.

"Pada tahun 2015 terdapat 21,8 juta jiwa lansia dan terus meningkat pada tahun 2016 menjadi 22,6 juta jiwa, dan sampai akhir 2018 nanti jumlah penduduk lansia diprediksi mencapai 24 juta jiwa," kata Aprizal, Ketua Panitia Workshop Mewujudkan Pangkalpinang Menjadi Kota Layak atau Ramah Lansiadi Sun Hotel Pangkalpinang, Rabu (16/05/2018).

Ditambahkannya, untuk tahun 2020 diperkirakan Indonesia akan memiliki lansia sebesar 11,3 persen dari jumlah penduduk.

"Isu penambahan jumlah lansia di atas menjadi isu strategis yang harus kita perhatikan jangan sampai penambahan penduduk lansia ini menjadi beban bagi keluarga, masyarakat dan pemerintah,," imbuhnya.

Dilanjutkannya menjadi kewajiban dan impian kita untuk menjaga para lansia tetap hidup sehat, bahagia dan sejahtera, tangguh, mandiri, berkualitas dan produktif secara sosial maupun ekonomis sesuai dengan martabat kemanusiaan.

"Salah satu usaha untuk mencapai tujuan-tujuan dengan menjadikan suatu kota/kabupaten termasuk Kota Pangkalpinang menjadi Kota Ramah Lansia," tukasnya.(*)

Penulis: edwardi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved