Kemas Arfani Ungkap Penyebab Turunnya Harga Karet di Bangka

Bagaimana mencari kadar karet kering 100 persen pertama menggunakan asam semut atau asam-asam yang

Kemas Arfani Ungkap Penyebab Turunnya Harga Karet di Bangka
Bangkapos/Nurhayati
Kemas Arfani Rahman 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman mengatakan tidak mengetahui pasti faktor penyebab turunnya harga karet karena tidak mengikuti perkembangan karet secara nasional. 

Namun yang perlu digarisbawahi adalah bokar yakni bahan olah karet yang dihasilkan oleh para petani di Kabupaten Bangka sering dicetak dalam bentuk bekas ember atau jerigen.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap kadar karet keringnya. Kalau menggunakan cetakan seperti itu karet basahnya lebih dominan dibandingkan dengan getahnya.

Selain itu juga faktor pembekunya dimana para petani di Kabupaten Bangka masih sering menggunakan tawas.

Padahal penggunaan tawas tersebut sangat berpengaruh kepada kadar karet kering.

Sedangkan jika menggunakan asam semut bisa menghasilkan kadar karet kering sampai dengan 80 persen tetapi jika menggunakan tawas kadar karet keringnya hanga sebesar 30 persen.

Kondisi inilah yang berpengaruh terhadap harga karet yang berlaku ditingkat petani.

Padahal di pabrik  harga karet berlaku sama baik di Palembang maupun daerah-daerah lain di Sumatera Selatan dimana kadar karet kering yang 100 persen seperti untuk harga Sabtu (29/5/2018) sebesar Rp 16.400 perkilogram.

"Bagaimana mencari kadar karet kering 100 persen pertama menggunakan asam semut atau asam-asam yang dianjurkan oleh pemerintah sebagai bahan pembeku. Kedua harus melakukan penggilingan sendiri mengekpres. Kalau dibuat dalam bentuk jerigen bagaimana ngepresnya," jelas Kemas kepada bangkapos.com, Sabtu (29/5/2018) di Dinas Pertanian Kabupaten Bangka. 

Halaman
123
Penulis: nurhayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved