Kunjungan Pasien Menurun Seminggu Awal Puasa

Jumlah kunjungan pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Pangkalpinang menurun selama lima hari puasa ramadhan dibandingkan

bangka pos/ira kurniati
Suasana poliklinik RSUD Depati Hamzah pangkalpinang beberapa waktu lalu 

Laporan wartawan Bangkapos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Jumlah kunjungan pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Pangkalpinang menurun selama lima hari puasa ramadhan dibandingkan pada seminggu sebelumnya. Baik itu untuk kunjungan rawat jalan maupun rawat inap.

Berdasarkan data rekam medis RSUDDH, ditanggal 6 hingga 12 mei 2018 tercatat untuk kunjungan rawat jalan pada poliklinik sebanyak 1248 pasien. Sedangkan dibulan puasa terhitung pada tanggal 17 hingga 20 mei, kunjungan poliklinik sebanyak 539 pasien.

Untuk rawat inap sebelum puasa, ditanggal yang sama tercatat 149 jumlah pasien. Sedangkan selama puasa ditanggal yang sama yakni 68 pasien.

Kasi Rekam Medis RSUDDH Pangkalpinang, Yuliza menuturkan adanya penurunan kunjungan pasien pada seminggu dibulan puasa ini yang paling banyak dirawat dengan jenis penyakit kronis, seperti hipertensi, ginjal maupun diabetes.

"Banyak kunjungan itu kan yang penyakit kronis, ginjal, hipertensi. Makannya juga kan mungkin teratur setelah diarahkan dokter tersebut." jelas Yuliza, Senin (21/5/2018).

Ia menambahkan, jika pasien dengan jenis penyakit kronis tersebut sudah diberi edukasi mengenai pola makan selama bulan puasa, maupun obat-obatannya. Sehingga jumlah kunjungan dengan jenis penyakit tersebut menurun seminggu awal puasa ini.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved