Baznas Bangka Baru Berhasil Kumpulkan Dana Zakat , Infak dan Sadaqoh Sebesar Rp 666 Juta

Tahun kemarin mencapai Rp 1,2 milyar. Untuk target kami tahun 2018 ini sampai Rp 1,9 atau Rp 2 milyar. Kami

Baznas Bangka Baru Berhasil Kumpulkan Dana Zakat , Infak dan Sadaqoh Sebesar Rp 666 Juta
Bangka Pos/Nurhayati
Rapat penentuan zakat fitrah, zakat maal dan fidiyah yabg dilaksanakan Baznas Kabupaten Bangka, Kamis (24/5/2018) di Masjid Agung Sungailiat 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Zakat, infak dan sadaqoh yang terkumpul di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka pada Tahun 2018 ini baru sebesar Rp 666 juta.

Pengumpulan zakat, infak dan sodaqoh tersebut belum mencapai target yang ditetapkan oleh Baznas Kabupaten Bangka sebesar Rp 1,9 milyar.

Diakui Ketua Baznas Kabupaten Bangka Nasir Hasan, zakat, infak dan sadaqoh yang terkumpul pada tahun 2017 lalu mencapai Rp 1,2 milyar.

"Tahun kemarin mencapai Rp 1,2 milyar. Untuk target kami tahun 2018 ini sampai Rp 1,9 atau Rp 2 milyar. Kami mohon maaf seharusnya untuk penetapan zakat ini yang mengambil kebijakan pemerintah tapi kami mengambil inisiatif untuk bersama-sama menetapkan zakat fitrah, zakat maal dan fidiyah agar masih banyak waktu muzakki (orang yang membayar zakat--red) yang membayar zakatnya baik zakat fitrah, maal dan fidiyah," jelas Nasir saat membuka rapat penentuan besar zakat, Kamis (24/5/2018) di Masjid Agung Sungailiat.

Untuk itu pihaknya bermusyarawarah guna mendapat masukan dari ulama, unit pengumpul zakat (UPZ), pengurus masjid dan pihak KUA agar sepakat bersama besar zakat yang ditetapkan.

Untuk zakat maal menurutnya, tergantung kepada harga emas yang mengikuti harga kurs dollar Amerika dimana harga dollar saat ini sebesar Rp 14.200

Pada kesempatan ini Nasir juga menegaskan, siapa saja yg mengatasnamakan amil tidak diperbolehkan memungut zakat kecuali sudah mendapat izin dari yang berwenang.

Peraturan ini berdasarkan Pasal 38 UU 23 Tahun 2011.

Ditegaskan Nasir bagi yang melanggar bisa terancam sanksi kena kurungan penjara selama satu tahun denda Rp 50 juta. 

Baznas Kabupaten Bangka juga rencananya akan membagikan 2.000 paket berisi uang senilai Rp 350.000 untuk para mustahik di Kabupaten Bangka. (*)

Penulis: nurhayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved