Breaking News:

DP2KBP3A Bangka Kejar Target MOP, Vasektomi Bukan Kebiri

Pentingnya peran dan tanggung jawab pria dalam kesehatan reproduksi (KB) didasarkan bahwa pria

Ist
Kegiatan sosialisasi peningkatan kualitas pengerakan KB pria, Sabtu (26/5/2018) di Ruang Pertemuan Hotel Manunggal. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bangka mengejar target vasektomi/Medis Operatif Pria (MOP).

Berdasarkan target yang ditetapkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKN) Babel Tahun 2017 untuk vasektomi sebanyak tujuh orang tercapai 11 orang.

Sedangkan untuk tahun 2018 target sebanyak tujuh orang pada Mei 2018 sudah tercapai.

Namun menurut Plt Kepala DP2KBP3A Kabupaten Bangka Boy Yandra akan mencari sebanyak-banyaknya pria yang mau ber-KB melalui vasektomi.

"Pentingnya peran dan tanggung jawab pria dalam kesehatan reproduksi (KB) didasarkan bahwa pria adalah mitra reproduksi dan seksual," jelas Boy Yandra saat sosialisasi peningkatan kualitas pengerakan KB pria, Sabtu (26/5/2018) di Ruang Pertemuan Hotel Manunggal.

Menurutnya pria dan wanita berbagi tanggung jawab dan peran secara seimbang untuk mencapai kepuasan kehidupan seksual dan berbagi beban untuk mencegah penyakit serta komplikasi kesehatan reproduksi.

Dikatakan Boy Yandra, partisipasi pria tidak hanya dalam hal pemakaian alat kontrasepsi saja, tetapi juga dalam hal pengambilan keputusan ber-KB oleh istri ataupun dengan pengetahuan yang dimiliki oleh pria tentang KB digunakan untuk membantu mensosialisasikan program-program KB.  

"Keterlibatan pria dalam KB diwujudkan melalui perannya berupa dukungan terhadap KB dan penggunaan alat kontrasepsi serta merencanakan jumlah anak dalam keluarga. Untuk merealisasikan tujuan terciptanya 
keluarga berkualitas," jelas Boy Yandra.

Disampaikan, Kaper BKKN Babel Etna bahwa partisipasi pria dalam keluarga berencana adalah tanggung jawab pria dalam kesertaan ber-KB, serta berperilaku seksual yang sehat dan aman bagi dirinya, pasangan atau keluarganya.  

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved