20.000 Anak Pangkalpinang Sudah Miliki KIA

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang sejak tahun 2015 hingga sekarang ini sudah mengeluarkan sebanyak

20.000 Anak Pangkalpinang Sudah Miliki KIA
Bangka Pos/Edwardi
Sopiah Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang sejak tahun 2015 hingga sekarang ini sudah mengeluarkan sebanyak 20.000 Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak-anak di wilayah Kota Pangkalpinang.

Hal ini diungkapkan Sopiah, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dukcapil Kota Pangkalpinang ditemui di kantornya, Senin (28/5/2018).

Diungkapkannya, fungsi dan kegunaan KIA ini sama dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk), sebagai bukti identitas diri bagi anak.

"Misalnya si anak mau bepergian ke luar daerah naik pesawat bisa digunakan KIA ini,  untuk membuat rekening di bank dan lainnya,"  kata Sopiah.

Ditambahkannya ada dua jenis KIA, yakni pertama KIA untuk usia 0-5 tahun belum dicantumkan pasfotonya, kedua KIA untuk anak usia di atas 5 sampai 17 tahun itu harus menggunakan pasfoto.

"Syarat utama untuk membuat KIA ini anak harus memiliki Akta Kelahiran difotocopy, lalu fotocopy KK dan KTP kedua orangtua dan pasfoto anak," jelasnya.

Dilanjutkannya untuk pembuatan KIA ini gratis atau tidak dipungut bayaran.

"Semua pelayanan dokumen kependudukan di kantor Dukcapil ini gratis atau tidak ada pungutan biaya," tegasnya.

Dijelaskan saat ini bila ada keluarga yang mengajukan proses pembuatan Akta Kelahiran anak maka otomatis akan dibuatkan KIA nya juga.

"Jadi orangtua yang membuat akta kelahiran anak tidak usah mengajukan lagi permohonan pembuatan KIA tapi langsung otomatis juga mendapatkan KIA," ujarnya.

Penulis: edwardi
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved