Bank Indonesia Perkenalkan Gerbang Pembayaran Non Tunai di Babel

Jadi seluruh masyarakat Indonesia dapat menggunakan layanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas

Bank Indonesia Perkenalkan Gerbang Pembayaran Non Tunai di Babel
bangkapos/idandimeikajovanka
Manager Departemen Gerbang Pembayaran Nasional, Rice Merry Ulva 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung mensosialisasikan sistem transaksi nontunai Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) kepada wartawan ekonomi se-Babel.

Diketahui inovasi ini kedepannya membuat masyarakat tak lagi menggunakan gerbang pembayaran global, seperti visa, mastercard, dan sebagainya, Senin (28/5) Malam.

Kartu debit dengan logo GPN khusus untuk transaksi dalam negeri. Nasabah bank yang sudah menggunakan logo GPN pada kartu debitnya bisa menggunakan ATM dan mesin EDC sesama bank berlogo GPN yang ada di seluruh indonesia.

Manager Departemen Gerbang Pembayaran Nasional, Rice Merry Ulva menjelaskan GPN terdiri dari sistem standar switching dan servis dibangun melalui seperangkat aturan dan mekanisme.

Guna mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran.

Bersistem interkoneksi dan interoperabilitas membuat GPN melakukan transaksi elektronik dapat digunakan seluruh masyarakat Indonesia.

“Jadi seluruh masyarakat Indonesia dapat menggunakan layanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas, dan efisien,” ungkap Rice Merry Ulva kepada Bangka Pos, Senin (28/5) Malam.

Tujuan dibentuknya GPN ialah mewujudkan sistem pembayaran nasional yang andal membangun ketahanan, pengembangan, serta meningkatkan daya saing.

Lalu, menata infrastruktur kelembagaan, instrumen, dan mekanisme sistem pembayaran nasional yang mampu memproses seluruh transaksi pembayaran ritel domestik secara interkoneksi dan interoperabilitas. Serta, memenuhi keburuhan masyarakat dalam bertransaksi nontunai.

“GPN ini memiliki sasaran yakni menciptakan ekosistem pembayaran nontunai dengan memperhatikan keamanan, kelancaran, dan kehematan. Sekaligus, langkah strategi mendukung program pemerintah, seperti GNNT dan transaksi non tunai lain,” jelas Rice.

Ia menambahkan GPN juga memberikan perlindungan konsumen, seperti pengaman data transaksi nasabah dan integritas data transaksi sistem pembayaran nasional mendukung kebijakan moneter yang efektif.(*)

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved