Potensi Alam Pangkal Beras Melimpah

Mayoritas masyarakat Desa Pangkal Beras bekerja di sektor pertanian dan perkebunan.

Potensi Alam Pangkal Beras Melimpah
Istimewa
Madu Kelulut 

BANGKA POS - Desa Pangkal Beras Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat memiliki agenda rutin tahunan yang selalu menyita perhatian banyak orang. Tepatnya di bulan Sya'ban sebelum Bulan Ramadan.

Banyak warga berkumpul bersilaturahmi saling mengunjungi satu dengan lainnya. Tentunya dengan berbagai acara yang telah dirancang melibatkan seluruh warga.

Kades Pangkal Beras, Rudi menerangkan, namanya kegiatan ini sedekah adat mulang tahun merupakan salah satu potensi desanya yang sudah turun temurun dilakukan.

"Masyarakat dari penjuru manapun berkumpul bersama sanak keluarganya pada saat acara ini. Guna memeriahkan acara ini biasanya kami juga melaksanakan berbagai kegiatan, seperti khataman Qur'an dan sebagainya," ungkap Rudi.

Madu Kelulut
Madu Kelulut (Istimewa)

Dia melanjutkan, potensi sebenarnya dari Desa Pangkal Beras tidak hanya itu, di desa ini terdapat madu kelulud yang telah dibudidayakan. Ada juga tambak udang, ikan, hutan serta hasil laut. Belum lagi kerajinan masyarakat yang membuat anyaman dari dari bahan-bahan yang diambil di desa setempat.

"Seperti anyaman dari lidi daun sawit, atap nipah, suyak dan lainnya," sebut Rudi.

Desa ini memiliki makanan yang khas dan selalu dihidangkan saat perayaan-perayaann yakni dodol dari tepung beras. Cara membuatnya pun unik, bahan direbus lebih dulu lalu dikeringkan, setelah itu ditumbuk hingga menjadi emping kemudian diaduk dengan gula merah dan kelapa.

"Biasanya menu ini selalu ada saat pesta adat mulang tahun di Pangkal Beras," terang Rudi.

Mayoritas masyarakat Desa Pangkal Beras bekerja di sektor pertanian dan perkebunan, sehingga akses jalan sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Madu Kelulut
Madu Kelulut (Istimewa)

Pembangunan di desa menjadi prioritas dengan tujuan memudahkan masyarakat dan ekonomi masyarakat terangkat.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved