Tiap Malam Tim Psikososial Hibur Korban Kebakaran, Usul Bantuan Pembangunan Rumah

Selain mengalami kerugian materil, para korban juga mengalami trauma psikis yang tidak sedikit, terlebih ini mau menghadapi

Tiap Malam Tim Psikososial Hibur Korban Kebakaran, Usul Bantuan Pembangunan Rumah
IST
Kepala Dinsos dan PPPA (baju Biru) Fitriyansyah ketika ngobrol dengan para korban kebakaran di posko sosial di Jalan Trem Pangkalpinang. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Tragedi kebakaran yang terjadi di Jalan Trem Kota Pangkalpinang akhir bulan lalu, Kamis (31/5/2018) dinihari masih menyisakan kegetiran bagi para korban.

Selain harta benda ludes terbakar, secara psikis para korban juga masih mengalami trauma dan penderitaan.

Hal ini diakui kepala Dinsos PPPA Kota Pangkalpinang, Fitriyansyah saat berbincang dengan bangkapos.com, Minggu (3/6/2018).

" Selain mengalami kerugian materil, para korban juga mengalami trauma psikis yang tidak sedikit, terlebih ini mau menghadapi Alhamdulilah bantuan demi bantuan dari berbagai pihak terus mengalir hingga saat ini, minimal sedikit mengobati," ujar Fitriyansyah.

Untuk meminimalisir luka psikis, pihaknya lanjut Fitriyansyah setiap malam khususnya tim Psikososial berbaur bersama para korban.

" Kita juga mempersiapkan untuk buka puasa dan sahur bagi para korban kebakaran di pengungsian. Untuk dapur umum ini kita persiapkan sampai 5 hari, terakhir habisnya Senin ini. Apakah diperpanjang atau tidak kita akan berkoordinasi dengan Dinsos provinsi dan BPBD," ujarnya.

Yang jelas menurut Fitriyansyah kebutuhan para pengungsi akan berusaha kita penuhi.

" Untuk makanan baik buka puasa dan sahur, kita gunakan stock logistik kita, selain itu juga dari sumbangan atau bantuan lembaga sosial dan pihak-pihak yang peduli," ujarnya.

Usulkan bantuan pembangunan Rumah

Untuk mengurangi beban para korban, dalam waktu dekat lanjut Fitriyansyah pihaknya akan mengusulkan ke kementerian sosial untuk pembangunan rumah.

" Kita akan koordinasi ini ke pemerintah kota maupun provinsi untuk mengusulkan bantuan pembangunan rumah," ucapnya.

Selanjutnya untuk bantuan korban kebakaran, Senin ini, (4/6/2018) pihaknya akan melakukan pertemuan dengan pihak kecamatan, dan lurah setempat membahas kelanjutan bantuan korban kebakaran.(*)

Penulis: zulkodri
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved