Breaking News:

Tahun Ini, Babel Dapat Bantuan 600 Unit Lampu Penerangan Jalan

Kepala dinas ESDM Babel, Suranto Wibowo menyebutkan sebelumnya pemerintah Provinsi memang telah menganggarkan 300 unit

Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Dinas ESDM Babel, Suranto Wibowo 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2018 mendapatkan bantuan 600 unit lampu penerangan jalan tenaga surya yang akan dipasang di Pulau Bangka dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral.

Kepala dinas ESDM Babel, Suranto Wibowo menyebutkan sebelumnya pemerintah Provinsi memang telah menganggarkan 300 unit, namun dengan adanya bantuan tersebut maka dananya akan dikembalikan ke kas daerah.

"600 unit lampu penerangan jalan dari direktorat energi terbarukan. Ini tidak termasuk di Pulau Belitung, tahun ini kita rencanakan ada 300 unit yang pakai APBD, tapi karena ada bantuan 600 ini. Kita hanya akan adakan 100 unit untuk di Belitung, kita kembalikan sekitar Rp 7 miliar ke kas daerah," kata Suranto belum lama ini.

Suranto menjelaskan, pihaknya akan tetap menganggarkan 100 unit lampu penerangan jalan yang akan diperuntukkan di Pulau Belitung.

"Wilayah Belitung belum terakomodir APBN, maka APBD hanya ini diakomodir Belitung. Kita ingin semus jalan terang benderang," sebutnya.

Disinggung soal titik penempatan lampu penerangan jalan, ia menyebutkan pihaknya sudah menentukan titiknya dan akan dilaksanakan pembangunan tahun ini.

600 unit lampu penerangan jalan tenaga surya ini akan disebar ke jalan-jalan di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, dan Bangka Selatan.

"600 unit untuk jalan provinsi dan kabupaten. Tahun ini dikerjakan dan sudah kontrak di tingkat kementerian dengan anggaran sekitar Rp 16,7 miliar. Kita nunjukin titik yang direncanakan," ujarnya.(*)

Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved