Partisipasi Pemilih di Bukitlayang Diperkirakan Capai 70 Persen

Kesadaran atau partisipasi pemilih Pilbup Bangka 2018 diperkirakan 70 persen di Desa Bukitlayang Kecamatan Bakam Bangka.

Partisipasi Pemilih di Bukitlayang Diperkirakan Capai 70 Persen
Bangka Pos / Ferylaskari
Kades Bukitlayang, Andry

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kesadaran atau partisipasi pemilih Pilbup Bangka 2018 diperkirakan 70 persen di Desa Bukitlayang Kecamatan Bakam Bangka. Sedangkan sisanya, sekitar 30 persen diperkirakan tak menyalurkan suara. Prediksi ini diutarakan oleh Kepala Desa (Kades) Bukitlayang Kecamatan Bakam Bangka, Andry ketika dikonfirmasi Bangka Pos, Rabu (20/6/2018).

"Apresiasi masyarakat kita sebenarnya bagus. Namun jumlah partisipasi pemilih diprediksikan saat Pilbup Bangka 2018, sekitar 70 persen (pemilih). Sisanya, sekitar 30 persen lagi diperkirakan karena faktor lain, diantaranya sudah pindah jiwa, faktor kurangnya kesadaran (Golput) atau kemungkinan lain karena faktor administrasi atau human error'," katanya.

Menurut Kades, di Desa Bukitlayang akan didirikan sekitar 7 tempat pemungutan suara (TPS). TPS tersebut dipersiapkan untuk warga atau pemilih yang jumlahnya sekitar 2300 orang yang berasal dari beberapa dusun di desa tersebut.

"Yang jelas ketika Pilgub Babel tahun sebelumnya, partisipasi pemilih di Bukitlayang hanya sekitar 60 persen. Sedangka saat Pilbup tahun ini diprediksikan meningkat menjadi 70 persen. Yang jelas kita berharap kalau bisa partisipasi bisa 100 persen. Karena ini menentukan pemimpin lima tahun ke depan," harapnya.

Diakui Kades, baru saja dia dan para Kades di daerah lain diundang oleh Polda Babel dan Gubernur Babel dalam sebuah pertemuan, Apel Tripilar di Pangkalpinang. Pertemuan di Mapolda Babel tersebut dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan terkait pelaksanaan Pilkada, nanti.

"Sebenarnya semua itu sudah kita lakukan di Bukitlayang, jauh hari sebelum Apel Tripilar. Jauh hari kita sudah bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkantibmas, Toga, Tomas. Tujuannya semata-mata agar menjadikan wilayah tetap kondusif," kata Kades berharap semua masyarakat pemilih di desanya menyalurkan suara dan tidak menjadi masyarakat Golput.(*)

Penulis: ferylaskari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved