Terkendala Distribusi BBM, Pemprov Babel Jalin Kerja Sama dengan ITS untuk Transportasi Listrik

Seperti pada daerah kepulauan lainnya, distribusi bahan bakar minyak masih mengalami beberapa kendala

Terkendala Distribusi BBM, Pemprov Babel Jalin Kerja Sama dengan ITS untuk Transportasi Listrik
Bangka Pos / Krisyanidayati
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM--Provinsi Bangka Belitung memiliki 463 pulau yang 48 pulau di antaranya berpenghuni.

Seperti pada daerah kepulauan lainnya, distribusi bahan bakar minyak masih mengalami beberapa kendala.

Hal tersebut menjadi tantangan bagi pemerintah daerah setempat.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dalam kunjungannya ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jumat (22/6/2018) lalu, mengatakan, setiap harinya nelayan dari pulau besar Bangka dan Belitung membawa bahan bakar minyak ke pulau-pulau kecil yang ada, kemudian menjualnya lagi di sana.

Hal itu mengakibatkan harga bahan bakar minyak di sejumlah daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masih terbilang cukup mahal, terlebih sebagai besar penduduk merupakan nelayan.

Hal ini menjadi permasalahan yang cukup serius.

Dalam kunjungannya ke ITS Surabaya, Erzaldi Rosman meninjau peluang-peluang kerja sama yang bisa dijalin antara Provinsi Bangka Belitung dengan ITS.

“Salah satu yang ingin kami kerjasamakan adalah bagaimana nelayan ini kapalnya bisa dioperasikan lebih efisien dan pulau-pulau mereka butuh energi pengganti untuk minyaknya, saya rasa motor listrik, mobil listrik dan perahu listrik itu yang kami butuhkan,” ujar Erzaldi Rosman melalui rilis, Minggu (24/6/2018).

Menurutnya, solusi terbaik untuk Provinsi Bangka Belitung adalah mengembangkan inovasi transportasi yang semula berbahan bakar minyak menjadi bertenaga listrik.

Hal itu didukung dengan data dari PLN yang mengatakan bahwa pasokan listrik di Bangka Belitung mengalami surplus atau kelebihan produksi.

Kebutuhan Provinsi Bangka Belitung akan transportasi bertenaga listrik ini senada dengan riset dan produksi yang telah dilakukan oleh ITS, sehingga bukan hal yang tidak mungkin untuk memproduksi perahu listrik juga.(TribunJatim.com/Triana Kusumaningrum)




Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved