Pilkada Bangka 2018

Panwaslu Terima Laporan Dugaan Money Politic dan Kampanye di Masa Tenang

Kita tetap ditindaklanjuti itu walaupun sudah selesai proses penghitungannya tapi merupakan kewajiban kami

Panwaslu Terima Laporan Dugaan Money Politic dan Kampanye di Masa Tenang
Ist
Corry Ihsan 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Panwaslu Kabupaten Bangka mendapakan dua laporan dari masyarakat terkait dengan pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara pada Pilkada Bangka, Rabu (27/6/2018) lalu.

Laporan pertama terkait dengan money politik yang diduga dilakukan oleh timses salah satu paslon.

Kedua adanya laporan terkait dengan dugaan kampanye di masa tenang yang dilakukan oleh timses salah satu paslon. 

"Kita tetap ditindaklanjuti itu walaupun sudah selesai proses penghitungannya tapi merupakan kewajiban kami untuk menindaklanjuti itu. Setiap laporan kita klarifikasi bersama kepolisian dan kejaksaan. Hari ini kita lakukan klarifikasi itu terhadap laporan tersebut. Bagaimana proses selanjutnya kami bersama dengan kepolisian dan kejaksanaan menindaklanjuti sesuai dengan ketentuannya," jelas Corry saat dikonfirmasi bangkapos.com, Kamis (28/6/2018) di Panwaslu Kabupaten Bangka. 

Disinggung jika terbukti timses paslon melakukan money politiks dan kampanye di luar jadwal yang dilaporkan warga, pihaknya belum bisa mengatakan sanksinya, apakah mengarah ke pidana pemilu, adminitrasi ataupun apa.

"Yang jelas sepahaman kami itu mengarah ke administrasi saja, pelanggaran itu kalau ada unsur pidananya kita akan dikaji lebih mendalam bersama tim gakkumdu," jawab Corry.

Menurutnya, apa yang diputuskan oleh gakkumdu siapa pun harus menghormati keputusan tersebut terkait dengan apa yang diputuskan.

"Semua kan berdasarkan fakta, kejadian seperti apa, bukti, saksi dan segala macam tetap jadi pertimbangan. Dari rekaman video ataupun apa yang menjadi alat bukti di situ tetap menjadi dasar dan apakah mengarah ke kampanye kita lihat prosesnya karena pertimbangan itu selain panwas, ada kejaksaan dan kepolisian dalam tim gakkumdu tetap mempertimbangkan itu semua," jelas Corry.

Mengenai netralitas Panwaslu Kabupaten Bangka Corry menyatakan dari awal selalu menggaungkan dan menjunjung tinggi netralitas.

Namun diakuinya ada selentingan yang menuding panwas berpihak tetapi silahkan saja penilaian masyarakat.

"Hanya saja pembuktian kami di lapangan adalah ketika dalam pelaksanaan tugas kami mencoba mendudukkan semua sesuai aturannya dan itu tidak ada unsur keberpihakan kami kepada siapapun. Siapapun yang menjadi calon tidak berpengaruh ke kami karena kami memiliki tugas sesuai dengan undang-undang, aturan kami jelas, tugas kami jelaskan dan unsur keberpihakan itu tidak ada di panwas. Saya jaminkan itu," tegas Corry.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved