Benda di Perut Ikan Unik Kayu Arang Ini Bernilai Jutaan Rupiah

Orang-orang sering mengincar gelembung panjang sekitar sejengkal tangan orang dewasa dalam perut ikan Tirus.

Benda di Perut Ikan Unik Kayu Arang Ini Bernilai Jutaan Rupiah
Istimewa
Gelembung ikan Tirus 

BANGKA POS - Di Desa Kayu Arang Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat ada ikan unik yang diberi nama oleh masyarakat setempat, yakni Ikan Tirus atau Tirusan.

Dibilang unik karena orang-orang sering mengincar gelembung panjang sekitar sejengkal tangan orang dewasa dalam perut ikan.

Harga gelembung udara yang dikenal orang ini cukup fantastis, ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Apalagi jika mendapati yang jantan.

Kades Kayu Arang, Alatas mengatakan, ikan ini menjadi mahal karena beragam manfaat, terutama gelembungnya untuk keperluan medis.

"Ikan Tirusan ini sudah dari dulu dikenal masyarakat kami, yang ngincar juga banyak karena harganya menggiurkan," terang Alatas.

Gelembung ikan Tirus
Gelembung ikan Tirus (Istimewa)

Dia mengaku keberadaan ikan ini sekarang sudah mulai langka, karena sering diambil sehingga populasinya mulai berkurang dan tidak dibudidayakan.

"Rencananya bersama Pemkab Bangka Barat kami akan melakukan budidaya Ikan Tirus ini, dengan harapan nanti bisa menjadi pemasukan bagi desa," jelasnya.

Dia membeberkan, desanya kini mulai berbenah dengan mengolah potensi yang ada seperti hutan mang­rove sebagai tempat wisata.

Disekitarnya akan dibangun pondok-pondok untuk bersantai, kemudian tambak ikan serta kepiting sebagai daya tarik.

"Kami melihat potensi ini ada tapi belum digarap dengan baik, ide sudah ada tinggal bagaimana memulai dan menjalankannya," ungkapnya.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved