Sosialisasi Perda dan Perwako Zakat Masih Tersendat-sendat

Memang perhitungan teorinya bisa mencapai seperti namun dalam prakteknya banyak yang tidak membayar

Sosialisasi Perda dan Perwako Zakat Masih Tersendat-sendat
Islam Ru
Ilustrasi Zakat 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Wakil Ketua Baznas Kota Pangkalpinang, Sopyan mengatakan potensi zakat para pegawai di lingkungan Pemkot Pangkalpinang bila sudah berjalan dengan baik bisa melebihi Rp 2 miliar.

"Memang perhitungan teorinya bisa mencapai seperti namun dalam prakteknya banyak yang tidak membayar dengan berbagai alasannya," kata Sopyan kepada Bangkapos.com, Kamis (12/07/2018).

Diakuinya, potensi zakat pegawai Pemkot Pangkalpinang  cukup besar namun sosialisasi untuk pelaksanaan perda zakat dan perwako zakat masih tersendat-sendat

"Tapi kami tetap berusaha semaksimal mungkin. Untuk menimbulkan kesadaran pegawai membayar zakat memang tidak mudah meskipun telah dibuat perda  dan perwako zakat, alasannya gaji mereka sudah terpotong cicilan rumah, mobil, motor, dan lainnya sehingga gaji tidak utuh lagi," imbuhnya.

Dijelaskannya sebenarnya pembayaran zakat ini tidak besar hanya sekitar 2,5% dari gaji kotor.

"Misalnya gajinya mencapai 3 jutaan hanya membayarkan sekitar 100 ribuaan saja namun harus dibayarkan setiap bulan ke Baznas lewat bendahara kantor," ujarnya.

Sopyan berharap Walikota Pangkalpinang yang baru nanti mudah mudahan beliau bisa memberikan contoh dan kebijakan yang lebih baik sehingga timbul kesadaran yang tinggi dari pegawai dengan adanya panutan dari Walikota.

"Dengan adanya contoh dari pak Walikota dan para pejabat serta anggota DPRD diharapkan timbul kesadaran dari para pegawai juga untuk mengikutinya, seperti yang sudah dicontohkan pak Gubernur Babel Erzaldi saat ini sehingga para pegawai pemprov sudah tinggi kesadaran membayar zakat," tukasnya.(*)

Penulis: edwardi
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved