Disambut Gendang Beleq Tangis Haru Lalu Muhammad Zohri Pecah

Sprinter Lalu Muhammad Zohri berhasil mengharumkan Indonesia setelah meraih medali emas dalam Kejuaraan Dunia Atletik lari 100 meter U-20 di Finlandia

Disambut Gendang Beleq Tangis Haru Lalu Muhammad Zohri Pecah
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Lalu Muhammad Zohri tak kuasa menahan tetesan air mata ketika menapakkan kakinya di Indonesia 

BANGKAPOS.COM - Sprinter Lalu Muhammad Zohri berhasil mengharumkan Indonesia setelah meraih medali emas dalam Kejuaraan Dunia Atletik lari 100 meter U-20 di Finlandia, Rabu (17/7/2018).

Keberhasilannya pun membuat seluruh masyarakat Indonesia bangga. Bahkan, untuk menghargai pahlawan olahraga Indonesia itu, Menpora Imam Nahrawi beserta dengan beberapa anggota DPR RI dan Ketum PB PASI, Bob Hasan pun rela menyambut kedatangan Zohri di Bandara Soekarno Hatta yang tiba di Indonesia malam ini, Selasa (17/7/2018).

Satu jam sebelum Zohri tiba yang dijadwalkan pukul 23.10 WIB dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, terminal 3 Ultimate terlihat sangat ramai oleh awak media baik cetak hingga elektronik.

Bahkan, para penumpang pesawat yang ada di sekitar pun tak ingin ketinggalan dan mencoba mendekat ke area konferensi pers untuk melihat Zohri lebih dekat.

Penyambutan atlet berprestasi kali ini terlihat berbeda dari Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang berhasil membawa pulang medali emas Olimpiade 2016. Pasalnya, Zohri yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) disambut dengan alunan musik tradisional asal NTB, Gendang Beleq.

Terlihat lima orang yang mengenakan baju khas NTB, dan dilengkapi berbagai alat musik yakni gendang, suling bambu dan ceng ceng telah siap untuk memainkannya ketika Zohri datang kemudian menuju ke panggung konferensi pers.

Mereka akan menyambut Zohri laiknya menyambut orang yang baru saja pulang dari medan perang.

“Ya musik ini dahulunya itu buat nganter para pejuang ke medan perang begitu pun menyambutnya saat pulang,” kata Aldo salah satu personel gendang beleq yang berasal dari NTB.

Gendang Beleq adalah alat musik tradisional yang dimainkan secara berkelompok.

Gendang Beleq berasal dari Suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Asal kata Gendang berasal dari bunyi gendang itu sendiri, yaitu bunyi deng atau dung.

Halaman
123
Editor: zulkodri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved