Begini Kisah 30 Anggota Kopassus Obrak-abrik Markas Musuh & 'Taklukkan' 3.000 Pemberontak

Pasukan satu ini kepunyaan Negara Republik Indonesia, selalu jadi kebanggaan sampai-sampai masuk ke dalam pasukan khusus

Begini Kisah 30 Anggota Kopassus Obrak-abrik Markas Musuh & 'Taklukkan' 3.000 Pemberontak
Istimewa
Kopassus 

BANGKAPOS.COM - Pasukan satu ini kepunyaan Negara Republik Indonesia, selalu jadi kebanggaan sampai-sampai masuk ke dalam pasukan khusus yang disegani di dunia.

Ya, siapa lagi kalau bukan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat.

Dalam sejarah panjangnya, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat mengukuhkan diri sebagai pasukan yang mampu menangani tugas-tugas berat.

Beberapa operasi yang dilakukan oleh Kopassus diantaranya adalah operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, penumpasan G30S/PKI, Pepera di Irian Barat, Operasi Seroja di Timor Timur.

Juga operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand (Woyla), Operasi GPK di Aceh, operasi pembebasan sandera di Mapenduma, operasi pembebasan sandera perompak Somalia, serta berbagai operasi militer lainnya.

Satu lagi tugas berat yang sukses diemban Kopassus adalah saat menjadi bagian pasukan perdamaian PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa).

Anggota Kopassus bahkan sempat mencetak sejarah melegenda di PBB.

Peristiwa tersebut terjadi saat anggota Kopassus yang masih bernama RPKAD (Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat), diminta PBB untuk menjaga perdamaian di Kongo, pada 1962.

Kala itu, Kongo tengah dilanda konflik mencekam akibat adanya pemberontak.

Akhirnya, Indonesia pun mengirimkan tim terbaik yang dikenal sebagai pasukan Garuda III.

Halaman
1234
Editor: Evan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved