Lakukan Hal Ini Petugas Lapas Terancam Dipecat

Petugas Lapas atau Rumah Tahanan jangan coba-coba untuk menyeludupkan maupun memasukkan barang yang dianggap terlarang ke dalam sel tahanan

Lakukan Hal Ini Petugas Lapas Terancam Dipecat
Bangka Pos / Ryan Augusta
Kepala Kantor Wilayah Kemenkum & HAM provinsi Bangka Belitung, Drs Suliastoro MM, MSi. 

Laporan wartawan Bangka Pos Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM,BANGKA -Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau Rumah Tahanan (rutan) jangan coba-coba untuk menyeludupkan maupun memasukkan barang yang dianggap terlarang ke dalam sel tahanan.

Apabila Ketahuan maka petugas yang bersangkutan terancam akan dipecat.

Hal ini ditegaskan Kepala Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sulistiarso kepada bangkapos.com, Selasa (23/07/2018).

"Saya akan pecat jika ada petugas Lapas 'bermain'. Bahkan pak Menteri Hukum & HAM (Yasonna H Laoly - red) pun telah menginstruksikan untuk langsung pecat," kata Suliastoro saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (23/7/2018).

Sulistiarso  sangat tidak menginginkan adanya kejadian pelanggaran oleh bawahanya maupun para petugas Lapas di Babel ini.

Karena itu kegiatan sidak yang dilakukan pihaknya (Kemenkum & HAM Babel), Senin (22/7/2018) ke 3 Lapas di wilayah pulau Bangka bertujuan sebagai tindak pencegahan atau deteksi dini, sekaligus menindaklanjuti petunjuk langsung dari Menteri Hukum & HAM.

"Jadi giat sidak kemarin itu kebetulan seiring dengan kejadian kasus suap di Lapas itu (Lapas Sukamiskin - red). Nah kejadian itu kita jadikan sebagai momentum pihak kita untuk lebih meningkatkan lagi giat pengawasan terhadap Lapas-Lapas atau Rutan yang ada di bawah naungan Kanwil Kemenkum & HAM Provinsi Babel," terangnya.

Meski begitu ia sendiri sangat menyesalkan adanya kejadian di Lapas kelas II Tuatunu Pangkalpinang sempat ditemukan 2 unit telepon genggam (hand phone) di Lapas setempat, hal itu ditemukan saat dirinya langsung ikut turun sidak di Lapas Tuatunu Pangkalpinang, Senin (22/7/2018).

"Nah dari kejadian-kejadian itu kita akan melakukan pengawasan lebih intensif lagi dan lebih cermat lagi," tegasnya.(*)

Penulis: ryan augusta
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved