Masuk Musim Kemarau, Beberapa Lokasi Kering di Koba Ini Mengalami Kebakaran

Pihak Damkar Pemkab Bangka Tengah mencatat dalam Minggu ini, telah tiga kali terjadi kebakaran hutan, lahan yang ditumbuhi pohon

Masuk Musim Kemarau, Beberapa Lokasi Kering di Koba Ini Mengalami Kebakaran
Istimewa
Pihak Damkar Pemkab Bangka Tengah mencatat dalam Minggu ini, telah tiga kali terjadi kebakaran hutan, lahan yang ditumbuhi pohon dan rumput kering di wilayah Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Pihak Damkar Pemkab Bangka Tengah mencatat dalam Minggu ini, telah tiga kali terjadi kebakaran hutan, lahan yang ditumbuhi pohon dan rumput kering di wilayah Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

Kasi Damkar Bateng Saparudin mengatakan bahwa kejadian kebakaran berawal terjadi pada Senin (23/7/201) hingga Rabu (25/7/2018) di lokasi yang berbeda beda terjadi di Kecamatan Koba.

"Awalnya Senin sore kemarin pukul lima sore lokasinya di Tanjung Langka, Kelurhan Padang Mulia, Kecamatan Koba kebakaran hutan dengan luas kurang lebih 1,7 hektar. Lokasi yang terbakar bisa kita atasi namun membutuhkan waktu lama kita padamkan hingga Magrib kita selesai memadamkanya,"jelas Saparudin kepada wartawan, Kamis (26/7/2018)

Ia menambahkan kebakaran, terjadi kembali pada esok harinya yaitu, pada Selasa (24/7/2018) di wilayah Sumur tujuh hingga komplek eks PT Kobatin yang mengalami kebakaran lahan, yang banyak ditumbuhi oleh rumput dan ilalang kering.

"Itu terjadinya siang hari, lokasi yang terbakarnya cukup luas karena sampai belasan hektar, tetapi tidak sampai memakan korban dan membakar rumah warga dan fasilitas umum,"ujarnya

Selanjutnya Ia menjelaskan, kebakaran terjadi pada Rabu (25/7/2018) siang di sekitaran kantor Camat Koba, sekitar dua hektar lahan yang ditumbuhan pohon dan rumput kering terbakar.

"Kebakaran ini disebabkan karena saat ini telah mulai masuk musim kemarau terus hutan banyak kering, ditambah warga ada yang membuang potong rokok sembarangan atau membakar sampah di dekat lokasi yang kering sehingga terjadi kebakaran,"ungkapnya

Penulis: Riki Pratama
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved