Tiga Drone ‘Beraksi’ di Atas Situs Kota Kapur

“Kabar bagusnya, kata warga setempat yang pernah masuk goa, setelah jalur merayap ada empat lorong cukup luas menuju Pulau Hantu

Tiga Drone ‘Beraksi’ di Atas Situs Kota Kapur
istimewa
TERBANGKAN DRONE -- Tim drone dan mahasiswa KKN UBB Kota Kapur berpose di depan pintu masuk goa di punggung Bukit Besar, setelah mereka menerbangkan tiga drone untuk mengambil foto dan video di atas udara Kota Kapur. 

BANGKAPOS.COM -- Situs Kota Kapur yang berisi prasasti tinggalan Kedatuan Sriwijaya abad 6 dan 7 untuk pertama kali difoto dan dibuat videonya dari udara.

Pengambilan foto dan video berlangsung seharian penuh, menggunakan tiga drone (pesawat kecil tak berawak).

Tiga drone sengaja di ‘udarakan’ dalam rangkaian melengkapi data website Kota Kapur yang dalam waktu dekat akan di luncurkan ke publik.

“Guna melengkapi fitur foto dan video Kota Kapur, kita sengaja mengoperasikan drone berspesifikasi tinggi,” ujar Marudut Stanley, anggota tim pemetaan KKN UBB Angkatan ke 13 Kota Kapur, dalam rilisnya kepada Bangkapos.com, Minggu (11/08/2018).

Spesifikasi drone yang digunakan adalah Drone Dji Phantom 4pro. Drone ini mampu mengudara setinggi 200 meter dan keandalan jelajah maksimal sejauh tujuh kilometer.

“Drone Dji Phantom dan Drone Dji Mavic terkategori drone pro (profesional). Drone ini mampu merekam video dari udara dengan resolusi 4k dengan 30 fps (frame per second),” ujar Marudut.

Tiga drone mulai ‘diterbangkan’ ke udara Kota Kota Kapur pada pukul 09.30 Hari Sabtu (11/08/2018).
Drone memotret Situs Kota Kapur seluas 160 hektar.

Artefak yang dipotret berturut-turut adalah Candi 1, Candi 2, Candi 3, Benteng Tanah dan dermaga kuno dan dermaga nelayan saat ini.

“Drone mengudara setinggi 200 meter, berhasil memotret Sungai Menduk, anak Sungai Kota Kapur, hutan bakau di seberang sungai dan aktivitas nelayan,” terang Marudut.

Namun tiga drone yang dioperasikan Komunitas Multicopter Sungailiat ini belum berhasil mengambil foto dan video Pulau Medang, Hantu dan Kecil (masih wilayah Kota Kapur) karena air laut sudah menenggelamkan ketiga pulau tersebut.

Halaman
123
Penulis: Herru W
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved