Laksanakan Rukun dan Wajib Haji Jemaah Asal Babel Masih Sehat Meski Kelelahan

Cuma kelelahan memang secara maraton mulai dari Arafah, ke Musdhalifah dan dilanjutkan ke Mina

Laksanakan Rukun dan Wajib Haji Jemaah Asal Babel Masih Sehat Meski Kelelahan
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Bangka Belitung, Muhammad Ridwan. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Bangka Belitung, Muhammad Ridwan mengatakan saat ini jemaah haji asal Babel dalam keadaan sehat dan masih melaksanakan rangkaian rukun dan puncak ibadah haji.

"Jemaah haji samapi tadi pagi secara umum sehat, walaupun banyak yang kelelahan karena berturut-turut melakukan rangkaian rukun dan wajib haji mulai dari tanggal 8 Zulhijah mereka berangkat sampai besok 13 Zulhijah," kata Ridwan, Kamis (23/8/2018).

Ia mengatakan selama lima hari berturut-turut para jemaah telah melakukan aktivitas fisik. Namun, tidak ada jemaah yang dirawat.

"Cuma kelelahan memang secara maraton mulai dari Arafah, ke Musdhalifah dan dilanjutkan ke Mina. Di Mina langsung melontarkan aqabah. Besok mereka akan thawaf ifada', sai', dan Tahalul, besok terakhir rangkaian wajib dan rukun haji, tapi nanti sebelum pulang mereka akan thawaf wada' atau thwaf perpisahan," katanya.

Menurutnya, meski sempat diguncang badai, tidak ada jemaah Babel yang berdampak dari peristiwa itu lantaran jarak tenda jemaah Babel dengan badai cukup jauh.

"Memamg ada badai Alhamdulillah bukan di dekat tenda jemaah kita, tapi tenda dari Provinsi atau negara lain. Sehingga tidak terlalu berdampak ke jemaah kita," ujarnya.

Ridwan menyebutkan, setelah melaksanakan rukun dan wajib haji, para Jemaah akan kembali ke Makkah dan melaksanakan rangakaian ibadah sunnah lainnya, sebelum dipulangkan ke tanah air.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved